Advertisement

MENGENAL PAULUS – Orang yang memusuhi umat Kriste Purba tetapi kemudian berbalik menjadi misionaris dan teolog Kristen terkemuka. Kebesarannya sebagai misionaris ditandai dengan tiga kali perjalanan misionarisnya dari Asia Kecil hingga Italia (Roma), sedangkan keahliannya sebagai teolog ditandai dengan ulasan teologis mendalam pada 14 suratnya kepada umat Kristen Purba yang tersebar di berbagai kota. Ke-14 surat tersebut menjadi bagian resmi dari kitab Perjanjian Baru.

Sebelum menjadi penganut ajaran Yesus, ia lebih dikenal dengan nama Saulus dari Tarsus. Sebagai murid Gamaliel, Saulus ingin menjaga kemurnian ajaran Taurat, yang menurutnya dicemarkan oleh ajaran Yesus. Karena itu, ia mengejar-ngejar dan menyiksa pengikut-pengikut Yesus. Titik balik terjadi ketika dalam perjalanannya ke Damaskus, ia melihat cahaya yang menyilaukan, jatuh dari kuda, dan menjadi buta karena penampakan Yesus. Mengikuti perintah yang didengarnya, ia masuk kota, dibaptis oleh Ananias, dan dapat melihat kemhali. Namanya diganti menjadi Paulus. Ketika ia mulai berkhotbah di dalam sinagoga tentang semua ajaran Yesus, orang Yahudi menjadi heran karena perubahan yang begitu mendadak. Melibat ia telah berbalik menjadi pengikut Yesus, bekas temannya mencoba membunuhnya namun ia berhasil penyelamatkan diri karena diturunkan sahabatnya dengan keranjang ke luar tembok kota.

Advertisement

Tiga tahun setelah pertobatannya, ia mengunjungi Petrus dan Yakobus di Yerusalem. Namun usaha orang Yahudi untuk membunuhnya menyebabkan ia terpaksa melarikan diri ke Tarsus. Di kota ini ia menjalin kerja sama dengan Silas selama lima tahun, namun tahun 44 Barnabas membawanya ke Antiokia dan sejak itu terbentuklah duet Barnabas-Paulus dalam menyebarkan agama Kristen.

Pada tahun 45-47 ia memulai perjalanan misionaris yang pertama, diikuti perjalanan kedua tahun 51-53, dan ketiga tahun 54-58. Setelah itu, ia kembali ke Yerusalem dan ditangkap di kota ini. Karena merupakan warga negara Roma, Paulus tidak dapat diperlakukan sewenang-wenang. Atas perkara yang dituduhkan kepadanya, ia minta banding ke Roma. Di kota ini ia dihukum mati bersama Petrus, paus pertama, tahun 68. Petrus mati disalib kepala ke bawah, sedangkan- Paulus “hanya” dihukum pancung. Perbedaan hukuman itu disebabkan karena Petrus bukan warga Roma.

Incoming search terms:

  • arti paulus

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti paulus