Advertisement

PESAWAT CONCORDE
Terkenal sebagai pesawat pengangkut penumpang supersonik pertama di dunia. Concorde dirancang untuk mengangkut 100 penumpang kelas utama. Kecepatannya dapat melebihi kecepatan bunyi. Dengan kecepatan ini, jarak Washington—Paris bisa ditempuh dalam 3 jam 33 menit, separo dari lama terbang pesawat Boeing 747.

Pada tahun 1961, ketika Inggris dan Perancis merencanakan pembuatan Concorde, mereka memutuskan untuk menggunakan sebuah struktur dari aluminium. Ini membatasi kecepatan tertingginya sekitar 2,2 mach (2,2 kali kecepatan bunyi) saja. Kecepatan yang lebih tinggi akan memerlukan struktur dari titanium. Empat buah mesin Rolls Royce dipilih untuk menggerakkan pesawat. Panjang pesawat 62 meter, dan ketinggian pada puncak adalah 12 meter. Desain sayap merupakan modifikasi bentuk delta dengan rentangan 25,6 meter. Bobot maksimum pada saat lepas landas 176.000 kilogram dengan berat beban 11.100 kilogram. Prototipe pertama diterbangkan pada bulan Maret 1969.

Advertisement

Setelah dihasilkan 16 buah pesawat, program pembuatan Concorde dihentikan pada bulan September 1979. Sembilan buah berada dalam perbaikan, dan tujuh lainnya didistribusikan ke Air France, British Airways, serta para pembuatnya. Penerbangan dengan Concorde sering ditentang masyarakat karena menimbulkan kebisingan, dan dentuman sonik

Incoming search terms:

  • Arti Concorde

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Arti Concorde