Advertisement

Komponis dan konduktor Rusia pertama yang meraih ketenaran internasional. Sesungguhnya, karya musiknya – yang dinilai kritikus Rusia sebagai kebarat-baratan – dipengaruhi Mozart dan Mikhail Glinka sehingga lebih tepat dikatakan sebagai paduan budaya Eropa Timur dan Eropa Barat.

Tchaikovsky lahir dari ayah Rusia dan ibu keturunan Perancis. Ia masuk Sekolah Kehakiman di St. Petersburg (sekarang Leningrad) pada usia 12 tahun dan lulus tujuh tahun kemudian. Bakatnya di bidang musik sudah terlihat sejak kecil, tetapi ia bam mengembangkannya setelah berkenalan dengan Ni-1 kolai Zaremba. Atas anjuran Zaremba, ia masuk seko- i lah musik di St. Petersburg. Salah seorang gurunya di I sekolah ini adalah Anton Rubenstein. Setelah lulus (\865). ia diangkat menjadi profesor di Konservatorium Moskwa. Ia membagi waktunya untuk mengajar dan m1 ^gubah lagu. Diciptakannya Simfoni dalam Q^j[jnoi Winter Daydreams (1866), overture-fantasia Borneo and Juliet (1869), dan simfoni-fantasia The Tempest (1873). Diciptakannya juga balet dan opera, antara lain Eugene Onegin dan Fourth Symphony (1877).

Advertisement

Selama tahun 1878-1890 ia menerima tunjangan hidup dari seorang pengagumnya, Mine Von Meck, janda tua yang kaya. Kemudian ia melepaskan pekerjaannya di konservatorium dan memusatkan diri pada penciptaan lagu. Banyak karya yang dihasilkan dalam riode ini, antara lain Biola Konserto dalam D Major, overture The Year 1812, Simfoni Manfred, Simfoni ke-5 dalam E Minor, balet Sleeping Beauty, dan opera The Queen of Spade.

Tchaikovsky meninggal dunia di St. Petersburg akibat terserang kolera. Karyanya menjelang akhir hayatnya adalah Iolanta (1891), Nutcracker (1892), dan Pathetique (1893).

Advertisement