Advertisement

MENGENAL PT DJARUM KUDUS

Satu di antara tiga produsen rokok kretek raksasa di Indonesia pada tahun 1980-an. Kedua perusahaan raksasa yang lain adalah PT Gudang Garam dan PT Bentoel.

Advertisement

PT Djarum Kudus yang berpusat di kota Kudus, Jawa Tengah, didirikan oleh Oei Wie Gwan pada tahun 1951 sebagai industri rumah tangga dengan menempati sebuah gedung sederhana. Pada bulan September 1963, pabrik yang pada waktu itu baru mempekerjakan beberapa ratus karyawan, terbakar. Dua bulan kemudian pendirinya meninggal. Usaha itu kemudian dibenahi dan dibangun kembali oleh dua orang anak Oei Wie Gwan, yaitu Bambang Hartono dan Budi Hartono. Di bawah pimpinan kedua penerus itulah PT Djarum berkembang dengan sangat pesat.

Pada tahun 1985, PT Djarum, yang jumlah pekerjanya tercatat lebih dari 30.000 orang, memproduksi 25,6 miliar batang rokok yang terdiri atas 20 jenis sigaret dengan berbagai merek dagang. Dalam tahun itu pula PT Djarum untuk pertama kalinya berhasil mengungguli jumlah produksi dan merebut sebagian pasar pesaing terbesarnya, PT Gudang Garam.

Sukses PT Djarum Kudus didukung oleh praktik manajemen khas yang diterapkan oleh pimpinannya. Beberapa ciri khusus manajemen PT Djarum, antara lain, desentralisasi sistem produksi, pengembangan produk secara profesional, agresif dalam pemasaran, diversifikasi bidang usaha, dan perhatian bagi tanggung jawab sosial.

 

Incoming search terms:

  • mengenali perusahaan djarum

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • mengenali perusahaan djarum