Advertisement

Raja Israel kedua yang paling lama memegang jabatan tersebut, yaitu sekitar 40 tahun. Kebesaran namanya dalam sejarah Yahudi tidak saja disebabkan oleh kekuasaannya, melainkan oleh keyakinan bahwa seorang keturunan Daud diramalkan akan menjadi Juru Selamat umatnya. Orang Kristen mengakui Yesus, yang nenek moyangnya dapat ditelusuri sampai Raja Daud, sebagai Juru Selamat ini, tetapi orang Yahudi sendiri menolak Yesus dan menunggu kedatangan orang lain.

Daud lahir di Bethlehem sebagai anak gembala. Daud pandai memainkan kecapi dan oleh Raja Saul sering diundang ke istana untuk menghibur. Ia menjadi pahlawan rakyat Israel berkat keperkasaannya melawan Goliat yang bertubuh besar, pahlawan Filistin, musuh bangsa Israel. Dengan bandring batu Daud ; merobohkan Goliat.
Daud dinobatkan sebagai raja setelah Raja; Saul meninggal dunia. Ia berhasil mempersatukan bangsa Israel dan menaklukkan raja-raja di sekitarnya. Dae rah-daerah yang ditaklukkannya, antara lain, Edomit di selatan, Moabit dan Ammonit di timur, dan Aramea di utara. Berbeda dengan raja sebelumnya, ia juga sangat memperhatikan pembangunan, terutama di bidang keagamaan.

Advertisement

Daud juga dikenal sebagai pujangga ternama pada masa itu. Salah satu karyanya yang terkenal adalah Mazmur dalam Kitab Suci.
Masa kejayaannya mulai surut dengan persoalan-persoalan dalam pemerintahannya sendiri. Keburukan Daud terlihat ketika ia memerintahkan prajuritnya, Uriah, bertempur dalam perang hingga tewas, dengan tujuan agar ia dapat mengawini istrinya, Bathsheba. Persoalan yang paling berat adalah perebutan kekuasaan di antara anak-anaknya, Amnon, Absalom, Adonijah, dan Solomon. Ketika ia meninggal dunia, Solomon, putranya dari Bathsheba menggantikannya menjadi raja. Solomon, atau Sulaiman, terkenal dengan kebijaksanaannya dan kekayaannya yang melebihi raja-raja pada jamannya.

Incoming search terms:

  • daud dikenal sebagai raja yang

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • daud dikenal sebagai raja yang