Advertisement

Raja Israel Kuno yang terkenal sangat bijaksana. Ia diperkirakan memerintah sekitar tahun 962 SM. Sulaiman adalah anak Daud. Al Quran maupun Kitab Perjanjian Lama menyebutkan bahwa ia adalah orang yang bijaksana. Sulaiman juga dikisahkan mampu berkomunikasi dalam bahasa hewan. Raja ini juga terkenal mempunyai banyak istri.

Sulaiman berhasil memakmurkan negaranya ter-utama karena kemampuan administrasinya. Ia mengorganisasi negaranya menjadi 12 distrik dan memberi kekuasaan otonom dengan mengangkat gubernur di setiap distrik. Ia juga memperkenalkan perdagangan barter dengan negara-negara di sekitarnya. Sulaiman mengirimkan hasil pertanian negerinya ke negara lain dan menukarnya dengan bahan-bahan bangunan.

Advertisement

Kebijaksanaan Sulaiman teruji, seperti yang termuat dalam Perjanjian Lama, dalam kasus penentuan ibu bagi seorang bayi. Dikisahkan, pada suatu hari datanglah ke istananya dua orang ibu, yang satu membawa bayi yang masih hidup, sedangkan „yang lain membawa bayi sudah mati. Keduanya berebut dan masing-masing mengatakan bahwa bayi hidup itu miliknya. Karena tak menemukan cara lain, Sulaiman menghunus pedangnya untuk membagi bayi menjadi dua. Tetapi salah seorang ibu mencegahnya dan rela memberikan bayi yang diperebutkan kepada perem-puan satunya daripada dibunuh. Sulaiman lalu memberikan bayi itu kepada wanita pertama; ia adalah ibu yang sesungguhnya karena mengkhawatirkan keselamatan anaknya.

Incoming search terms:

  • raja otonom
  • mengenal raja sulaimam

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • raja otonom
  • mengenal raja sulaimam