Advertisement

Propinsi di bagian timur wilayah negara Republik Rakyat Cina (RRC). Shantung dalam ejaan baru Cina ditulis Shandong. Ibu kotanya Jinan atau Tsinan yang terletak pada tepi Sungai Huang Ho. Luas wilayahnya 139.860 kilometer persegi. Dalam sejarah perkembangan Cina, propinsi ini terkenal sebagai tempat kelahiran dua filsuf besar, Konfusius dan Mensius. Jumlah penduduk Shantung mencapai 74.940.000 jiwa (1985). Lebih dari 90 persen penduduk ini bertempat tinggal di daerah pedesaan; sedangkan sisanya berada di daerah perkotaan.

Sebagian besar wilayah Shantung merupakan daerah perbukitan dan pegunungan, terutama di bagian timur dan tengah. Pegunungan ini merupakan rangkaian pegunungan di Manchuria. Daerah perbukitan dan pegunungan ini mencakup dua pertiga seluruh wilayah Shantung. Gunung paling terkenal di daerah ini adalah Gunung T’ai Shan. Dataran rendah hanya ditemukan di sekitar delta Sungai Hoang Ho. Pelabuhan utama Shantung adalah Chefoo.

Advertisement

Di bidang pertanian, Shantung dikenal sebagai daerah penghasil gandum dan kapas. Produksi pertanian lainnya meliputi jelai, kacang tanah, kacang kedelai, tomat, buah-buahan, jagung dan tembakau. Di bidang industri Shantung memiliki”kegiatan di bidang eksplorasi tambang batu bara, emas, bauksit, minyak, bijih besi, tembaga dan kaulin. Bidang perikanan lebih berkembang di daerah dataran rendah.

Sarana perhubungan utama di wilayah propinsi adalah kereta api. Shantung mulai berkembang sejak jaman kejayaan Dinasti Ming. Pada saat itu, Shantung berfungsi sebagai pusat pelayaran. Karena letaknya yang strategis, wilayah Shantung sering menjadi daerah perebutan, terutama Jepang, baik dalam Perang Dunia I maupun II.

 

Incoming search terms:

  • sejarah shantung
  • arti dari shantung
  • letak propinsi shantung rrc

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • sejarah shantung
  • arti dari shantung
  • letak propinsi shantung rrc