Advertisement

NORMAN ANGELL (1872-1967), adalah ahli ekonomi Inggris yang menerima Hadiah Nobel Perdamaian 1933. Setelah belajar di Perancis, London dan Jenewa, ia bertualang ke Amerika Serikat, menjadi pencari emas sebelum akhirnya menjadi wartawan.

Sekembalinya di Eropa, ia bekerja sebagai redaktur a.l. untuk Galignani ‘s Messenger dan Foreign Affairs. Namanya menjadi makin terkenal, dan ia menjadi anggota Majelis Rendah Inggris, wakil Partai Buruh, pada tahun 1929-1931. Pada tahun 1931 ia juga dianugerahi gelar Sir.

Advertisement

Ia menulis banyak buku, mengemukakan masalah perang dan damai. Bukunya yang terkenal, The Great Illusion, ditulis atas dasar pengamatannya bahwa prasangka sangat mempengaruhi pendapat umum. Menurut dia, keyakinan bahwa dengan kemenangan perang suatu negara dapat menyerap kekuatan ekonomi musuh dan membesar kekuatan ekonomi sendiri hanyalah suatu ilusi. Dalam dunia modern ini perdagangan internasional begitu saling menggantungkan, sehingga kemenangan militer yang diperoleh hanya akan merugikan negara itu sendiri.

Tidak semua orang setuju dengan tesis Angell ini. Tetapi orang mengakuinya sebagai pemikir yang mendorong pemikiran yang lebih mendalam. Hadiah Nobel Perdamaian diberikan kepadanya untuk pemikiran-pemikirannya.

Incoming search terms:

  • mengenal norman angell
  • norman angell dalam the great illution

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • mengenal norman angell
  • norman angell dalam the great illution