Advertisement

MENGENAL SUTJIPTO JUDODIHARDJO (1917-1984) – Kepala Kepolisian RI (Kapolri) dengan jabatan Panglima Angkatan Kepolisian yang menjabat menteri dalam kabinet Dwikora (“Kabinet Seratus Menteri”) pada tahun 1964. Ketika itu ia menggantikan Inspektur Jen derai Polisi Sutjipto Danu- kusumo, dan masuk dalam Kompartemen Pertahanan /Keamanan.

Karier kepolisiannya diperkuat dengan pendidik­an di luar negeri, antara lain di Taiwan (1953), Italia (1956), dan Amerika Seri­kat (1962). Pada awal re­volusi kemerdekaan ia men­jabat kepala Pasukan Polisi Istimewa yang dalam per­kembangannya menjadi Mobiele Brigade (Mobrig) atau Brigade Mobil (Bri­mob) di wilayah Besuki. Dari Besuki ia dipindahkan ke Surabaya dan menjabat wakil komandan Mobrig Besar (Jawa Timur).

Advertisement

Pada saat penyerahan kedaulatan (Desember 1949) Judodihardjo diberi tugas untuk menjadi komandan Pengamanan Ibu Kota (Jakarta). Kariernya terus me­nanjak menjadi inspektur jenderal (Polisi) dengan ke­dudukan Menteri Panglima Angkatan Kepolisian.

Judodihardjo memperoleh 13 tanda jasa. Ia juga dikenal sebagai ketua I Yayasan Pendidikan Tinggi Da’wah Islamiah (PTDI) di Jakarta.

Incoming search terms:

  • kapolri tjipto yudodihardjo
  • siapa jenderal sucipto judodihardjo

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • kapolri tjipto yudodihardjo
  • siapa jenderal sucipto judodihardjo