Advertisement

MENGENAL SUTOPO JUWONO – Atau lengkapnya Sutopo Juwono Prodjohandoko, duta besar RI untuk Belanda pada tahun 1974- 1978 yang kini menjadi Se­kretaris Jendral Departe­men Tenaga Kerja. Ketika masih kecil ia telah men­dapatkan pendidikan pa­triotisme di Taman Siswa dan keagamaan di sekolah Muhammadiyah. Kegiatan kepanduannya ia mulai de­ngan bergabung dalam Hizbul Wathan dan kemu­dian di Kepanduan Bangsa Indonesia. Pada jaman Jepang ia masuk Seinen Kurensho, tempat latihan para pemuda. Saat itu ia masih belajar di Sekolah Menengah Tinggi Kehutanan Bogor, tetapi tak lama kemudian ia pindah ke Kogya Daigakku, Senmonbu, Bandung.

Pada awal revolusi Juwono masuk Badan Keaman­an Rakyat (BKR). Secara kebetulan ia direkrut untuk Badan Intelijen. Ia pernah pula ikut bertempur di dae­rah Ambarawa dan Semarang. Tahun 1946 Kemen- terian Pertahanan menariknya dengan pangkat letnan yang setahun kemudian meningkat menjadi kapten. Sambil bekerja, masih sempat pula ia melanjutkan pe­lajarannya di sekolah tinggi teknik sampai tingkat II. Ia juga ikut serta menumpas pemberontakan komu­nis di Madiun dan bergerilya melawan Belanda.

Advertisement

Setelah itu Yuwono meniti kariernya di bidang ke­tentaraan. Berturut-turut ia mendapatkan pendidikan di Seskoad, Bandung, lalu di Amerika Serikat. Sutopo pernah pula mengajar di Seskoad, Universitas Gadjah Mada, di Yogyakarta, dan Universitas Negeri Lam­bung Mangkurat, di Banjarmasin. Jabatan lainnya yang pernah dipegangnya adalah Kepala Staf Kodam X/LM Banjarmasin, Kasdam V/Jaya, Kepala Bakin (1970-1974), Dubes RI untuk Belanda, dan Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas). Sejum­lah bintang tanda penghargaan diperolehnya dari pe­merintah RI dan luar negeri, seperti dari Korea, Be­landa, dan Malaysia.

Incoming search terms:

  • Sutopo juwono
  • sutopo j

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Sutopo juwono
  • sutopo j