Advertisement

Atau Republik Sosialis Soviet Tadzhikistan, salah satu dari 15 republik di Uni Soviet (USSR) dengan ibu kota Dushanbe (dulu bernama Stalinabad). Wilayah ini menjadi bagian Uni Soviet sejak 5 Desember 1929. Republik Tadzhikistan berbatasan dengan Cina di timur, dan Afganistan di selatan.

Luas wilayah republik ini 142.500 kilometer persegi, hampir seluruhnya berupa dataran tinggi yang penuh dengan gunung dan lembah. Di republik ini terdapat gunung tertinggi di Uni Soviet, yakni Gunung Komunisme (dulu Gunung Stalin) yang tingginya 7.495 meter dan selalu tertutup salju. Sungai-sungainya adalah Vakhsh Darya, Kafirnigan Darya, Surkhan Darya, dan Amu Darya yang merupakan batas alam wilayah republik ini dengan negara Afganistan. Iklimnya adalah iklim kontinental, yakni sangat panas di musim panas, dan sangat dingin di musim dingin.

Advertisement

Sebagian besar penduduk menjadi petani, peternak biri-biri dan ulat sutera. Hasil pertanian yang utama adalah kapas, gandum, padi, buah aprikot, dan buah murbei (daunnya digunakan untuk makanan ulat sutera). Industri yang ada di republik ini adalah industri pengolahan bahan pangan, pengalengan buah-buahan, pemintalan kapas, dan pembuatan kain sutera. Oleh karena daerah ini banyak mengandung bijih besi, stibium, timah, tembaga, emas, dan  aspal, industri

Penduduk Dushanbe berkumpul di depan markas Partai Komunis Tadzhikistan menyusul terjadinya kerusuhan etnis di Uni Soviet (1991). pengolahan bijih logam juga berkembang cukup pesat.

Advertisement