Advertisement

Adalah peninggalan Kesultanan Cirebon pada Abad Pertengahan. Taman air ini terletak di kota Cirebon, Propinsi Jawa Barat. Sunyaragi berasal dari kata sunya yang berarti sepi atau hampa, dan ragi berarti raga atau jasmani. Jaman dahulu Sunyaragi digunakan oleh para sultan Cirebon sebagai tempat untuk meditasi atau semadi. Menurut buku Pui-waka Caruban Nagari karya Pangeran Arya Cirebon (1720), taman sari Sunyaragi dibangun pada tahun 1703 oleh Pangeran Kararengen alias Pangeran Arya Cirebon, yang dikenal dengan nama Pangeran Salahuddin. Kemudian taman ini diperindah lagi pada masa Sultan Sepuh Mantangaji. Sumber lain menyebutkan bahwa taman sari Sunyaragi dibangun pada tahun 1741 oleh Sultan Sepuh, putra Panembahan Ratu II atas gagasan cicit Sunan Gunungjati.

Pada tahun 1852, dalam masa pemerintahan Pangeran Adiwijaya, Sunyaragi diperbaiki lagi dengan bantuan seorang arsitek Cina, yang kemudian dibunuh karena dianggap membocorkan rahasia gua Sunyaragi kepada Belanda. Kompleks pesanggrahan Sunyaragi sejak awal pembangunannya selalu dirusak oleh pihak Belanda, sebab diperkirakan kompleks itu sebetulnya dibangun untuk melatih prajurit keraton guna memberontak melawan Belanda. Saat Belanda meninggalkan Indonesia, taman air Sunyaragi diperbaiki dan ditata kembali. Taman itu kini diwariskan kepada Kesultanan Kasepuhan Cirebon.

Advertisement

Tangga masuk ke Taman Air Sunyaragi bangunan yang indah. Pertama, kompleks pesang-grahan terdiri atas sebuah gedung megah lengkap dengan sebuah telaga yang indah. Kedua, adalah kompleks gua, gunung batu, terowongan dan saluran air.

tektur eksteriornya dipengaruhi budaya Islam. f4ai itu terbukti dari dua gapura berbentuk seperti Candi Bentar, yang mengingatkan kita pada Candi gentar di Jawa Timur yang dibangun pada abad ke-13 sampai 14. Gapura berbentuk Candi Bentar adalah gapura tak beratap yang selalu berada di luar lingkungan keraton, sedangkan arsitektur interior terpengaruh budaya Hindu, Cina dan Islam. Bagian dalam Gua Sunyaragi memiliki pola ukir bermotif awan dan karang, yang dikenal sebagai motif mega mendung. Sel in itu di gua ini terdapat relief bermotif ular, yang me; gingatkan pada epos Mahabarata.

Incoming search terms:

  • pengertian taman air

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian taman air