Advertisement

Negara besar di bagian timur Afrika di sebelah selatan garis khatulistiwa. Wilayah negara ini mencakup juga Kepulauan Zanzibar di Samudera Hindia. Luas wilayahnya 945.087 kilometer persegi, dengan penduduk sekitar 26.300.000 jiwa (1989). Tan> ia berbatasan dengan Kenya dan Uganda di utara; Zaire di barat; Mozambik dan Zambia di selatan; Samudera Hindia di timur. Ibu kota negara ini adalah Dodoma, namun akibat pertumbuhan kota ini sangat lambat, pusat pemerintahan tetapnya berada di Dar es Salaam.

Sejarah. Beberapa ahli arkeologi memperkirakan bahwa daerah yang kini disebut Tanzania ini sudah berpenghuni sejak seribu tahun sebelum Masehi. Penduduk pertamanya adalah suku bangsa Kaukasoid yang berasal dari wilayah Etiopia. Semula mereka menetap di bagian utara, namun kemudian menyebar ke wilayah bagian selatan. Orang-orang Afrika Barat menyusul ke daerah ini sekitar 500 tahun kemudian. Pada sekitar tahun 1000 masyarakat ini diketahui telah melakukan kontak dagang dengan berbagai wilayah di dunia, antara lain dengan bangsa Arab, Afrika Timur, bahkan sampai ke India. Tingkat intensitas perdagangan ini menyebabkan bangsa Arab bertem- pat tinggal di wilayah ini, terutama di sekitar daerah- daerah pusat perdagangan.

Advertisement

Pada akhir abad ke-15 datanglah orang Portugis yang segera mengalahkan para sultan, yakni penguasa Arab. Sekitar abad ke-18 orang Arab yang terusir dari wilayah ini mengadakan persekutuan dengan Raja Oman untuk menyerang bangsa Portugis. Serangan mi kemudian membuahkan hasil, yakni direbutnya kembali wilayah di sebelah utara Sungai Ruvuma. Kemudian orang Arab ini memperluas wilayah kekuasaan perdagangannya. Bahkan pada tahun 1840 mereka mendirikan pusat perdagangan di sekitar kawasan Danau Tanganyika.

Advertisement