Advertisement

WiMAX (Worldwide Inter-operability for Microwave Access) adalah teknologi telekomunikasi yang menyediakan transmisi data tanpa kabel dengan menggunakan model-model transmisi yang berkaitan dengan akses portable internet dan berjalan. Teknologi ini menyediakan lebih dari 72 Mbit/s symmetric broadband speed tanpa membutuhkan kabel. Teknologi ini didasarkan pada standar IEEE 802.16 (juga disebut Broadband Wireless Access). Nama “WiMAX” diciptakan oleh WiMAX Forum pada Juni 2001. (Gambar 8.65, posisi teknologi WiMAX).

PT TRG kini sudah siap memasok kebutuhan perangkat WiMAX bagi para operator dan konsumen guna memenuhi ketentuan pernerintah yang mensyaratkan kandungan lokal minimal sebesar 30%. TRG WiMAX  adalah merek yang digunakan PT TRG, yang memasok perangkat WiMAX untuk kebutuhan nasional hingga 1,5 juta unit per tahun. Perusahaan nasional yang satu grup dengan PT Solusindo Kreasi Pratama (Indonesiantower) ini telah bekerja sama dengan perusahaan Tranzeo Wireless Technologies Inc dari Kanada untuk mengembangkan perangkat TRG WiMAX berstandar 802.16d pada spektrum frekuensi 2,3GHz dan 3,3GHz.

Advertisement

Selain PT TRG ada perusahaan nasional lain yang siap memroduksi pe-rangkat WiMAX lokal yang memenuhi ketentuan kandungan lokal minimal 30% ialah PT Hariff Daya Tunggal (HDT), yang memasarkan produknya dengan merek Himax. PT HDT juga bekerja sama dengan perusahaan Wavesat dari Kanada untuk pengembangan perangkat WiMAX .

Perangkat WiMAX yang ditawarkan PT TRG meliputi stasiun pemancar (base station atau semacam BTS), perangkat koneksi ke internet (subsciber station atau modem, singkatan dari modulator-demodulator), pengelola radio pemancar dan lalu lintas data (access manager), sistem pendataan jumlah pemakaian dan informasi tagihan (billing server), sistem manajemen operasional yang menjadi jantung dari pengoperasian WiMAX (EMS server atau Exchange Management Console).

 

 

Advertisement