Advertisement

MENGENAL TRYGVE HALVDAN LIE (1896-1968) – Negarawan Norwegia dan orang pertama yang menjabat sekreta­ris jenderal PBB (1946-1952). Ia menolak penca­lonannya kembali untuk jabatan penting itu terutama atas desakan Uni Soviet yang menentang kebijaksanaannya memberi dukungan militer bagi Korea Selatan dalam Perang Korea.

Sambil berpraktik sebagai pengacara Lie juga ang­gota terkemuka Partai Buruh Norwegia. Pada tahun 1940, ketika Jerman menduduki negaranya, ia ditun­juk sebagai menteri luar negeri pada pemerintahan Norwegia dalam pengasingan di London.

Advertisement

Lie mengawali fungsinya sebagai pemimpin badan dunia ini dengan menjamin keamanan pengunduran pasukan Soviet dari Iran bagian utara. Sejak perte­ngahan tahun 1947 ia dihadapkan antara lain pada ma­salah Perang Palestina menyusul pernyataan kemer­dekaan negara Israel serta pertentangan antara India dan Pakistan mengenai Kashmir (1948). Atas kedua masalah tersebut Lie menawarkan pemecahan yang ternyata hanya mampu bertahan sementara waktu sa­ja. Pada tahun 1950 ia menjalankan Program Damai 20 Tahun yakni tenggang waktu bebas membayar utang oleh negara mlskinlkepada negara kaya. Dalam tahun itu pula ia harus berusaha keras menahan kei­nginan Uni Soviet untuk mengeluarkan Cina Nasio­nalis dari keanggotaan PBB, dan mengakui RRC.

Bukunya berjudul In the Cause of Peace diterbit­kan pada tahun 1954.

Advertisement