Advertisement

MENGENAL UNIVERSITAS PATTIMURA – Sebuah universitas negeri di Ambon yang diresmikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 66 23 April 1963. Cikal bakal universitas ini adalah Yayasan Perguruan Tinggi Maluku-Irian Barat yang berdiri pada tanggai 20 Juli 1955. Pada tanggal 3 Oktober 1956 yayasan mendirikan Fakultas Hukum, yang diikuti dengan berdirinya Fakultas Sosial dan Politik (6 Oktober 1959) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (10 September 1961).

Syarat sebuah universitas negeri adalah mempunyai paling sedikit dua fakultas eksakta. Karena itu pada tanggal 1 September 1963 berdiri Fakultas Pertanian/Kehutanan dan Fakultas Peternakan. Maka pada tanggal 1 Agustus 1962 Universitas Yayasan Perguruan Tinggi Maluku-Irian Barat diresmikan menjadi universitas negeri dengan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 99 tahun 1962 dan Keputusan Presiden RI No. 66 tahun 1963. Adapun fakultasnya saat itu adalah Fakultas Hukum, Fakultas Sosial Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian/Kehutanan, dan Fakultas Peternakan. Selanjutnya berdiri Fakultas Ekonomi (15 September 1965) dan Fakultas Teknik (16 April 1970).

Advertisement

Pada bulan Agustus 1964 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan melepaskan diri dari Universitas Pattimura menjadi IKIP Jakarta Cabang Ambon. Tetapi pada 16 September 1969, IKIP ini diintegrasikan kembali ke dalam Universitas Pattimura menjadi dua fakultas, Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan. Pada tahun 1974 Fakultas Peternakan dilengkapi dengan Jurusan Perikanan dan berubah menjadi Fakultas Perikanan.

Sampai saat ini Universitas Pattimura memiliki tujuh fakultas, yaitu (1) Fakultas Hukum dengan Jurusan Hukum Keperdataan, Jurusan Hukum Pidana, Jurusan Hukum Tata Negara, dan Jurusan Hukum Internasional; (2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Jurusan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Bahasa, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial; (3) Fakultas Ekonomi dengan Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dan Jurusan Manajemen; (4) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan Jurusan Sosiologi dan Jurusan Ilmu Administrasi; (5) Fakultas Pertanian dengan Jurusan Budi Daya, Jurusan Peternakan, dan Jurusan Kehutanan; (6) Fakultas Perikanan dengan Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan dan Jurusan Pengolahan Hasil Perikanan; (7) Fakultas Teknik dengan Jurusan Teknik Perkapalan dan Jurusan Teknik Permesinan Kapal.

Advertisement