Advertisement

Tokoh perfilman yang paling terkenal dalam sejarah. Film kartun seperti Mickey Tikus, Donald Bebek, Putri Salju, Pinokio, dan lainnya yang diciptakannya antara tahun 1920-an dan 1930-an sampai sekarang masih digemari oleh kaum tua maupun muda.

Walt Disney tidak hanya memproduksi film jenis kartun, melainkan juga film jenis drama keluarga seperti Davy Crocket, Mary Poppins, atau Parents Trap yang juga menarik banyak penggemar. Film produksinya mengenai kehidupan di alam bebas, serial True Life Adventure, mendapat banyak pujian. Disney berhasil memenangkan lebih dari 50 Hadiah Oscar.

Advertisement

Ketika pesawat televisi semakin umum, sekitar tahun 1950-an, Walt Disney merupakan produsen film pertama yang mampu menyesuaikan diri. Ia membuat film khusus untuk siaran televisi. Selain itu, Disney juga berhasil membangun taman hiburan raksasa untuk anak-anak pada tahun 1955 di Anaheim, Kalifornia. Taman hiburan ini, Disneyland, menarik jutaan pengunjung dari seluruh pelosok dunia setiap tahunnya. Taman hiburan inilah yang di kemudian hari mengilhami pembangunan Taman Impian Jaya Ancol di Indonesia.

Disney juga membangun berbagai tempat rekreasi lain, seperti Walt Disney World dekat Orlando, Florida, Amerika Serikat (1971) dan Disney Land Tokyo di Tokyo, Jepang (1983). Di Orlando, ia membangun pekan raya tahunan EPCOT Center. EPCOT adalah kependekan dari Experimental Prototype Community of Tomorrow (Proyek Percontohan Komunitas Masa Depan), yang memperlihatkan perkiraan wajah dunia masa depan.

Walt Elias Disney lahir di Chicago. Semasa kanak- kanak, ia mengikuti orang tuanya pindah ke Missouri. Waktu berumur 16 tahun, ia kembali ke Chicago untuk belajar kesenian. Tahun 1920, ia bergabung dengan sebuah perusahaan pembuatan film iklan di Kansas City. Tahun 1923, Disney pindah ke Los Angeles.

Bersama saudaranya, Roy, dan temannya, UbIwerk, ia kemudian mendirikan studio sendiri. Steamboot Willie (1928) adalah film kartun Mickey Tikus pertama yang menggunakan suara dan musik. Film ini membuat sensasi dan membawa Disney ke jenjang keberhasilan.

Advertisement