Advertisement

MENGENAL WOLFGANG  KOEHLER (1887-1967) – Ahli psiko­logi asal Jerman. Ia adalah salah satu dari tiga tokoh utama pengembang teori psikologi Gestalt (mempela­jari proses belajar, pencerapan, dan berbagai unsur kehidupan mental manusia sebagai suatu keselu­ruhan). Dalam psikologi, teori ini berpengaruh besar.

Minat Kohler semula adalah mempelajari proses pendengaran manusia. Minat itu pulalah yang menja­di acuan utama tesis doktoralnya pada tahun 1909 di Universitas Friedrich-Wilhelm, Berlin. Pada tahun 1912 ia bersama Kurt Koffka dan Max Wertheimer melahirkan teori baru dalam psikologi, yakni Gestalt. Penelitiannya yang terkenal sehubungan dengan teori Gestalt adalah proses belajar pada kera. Hasilnya bu­ku berjudul lntelligenzprufungen an Menschenaffen (1917) yang merombak teori belajar yang telah dike­nal ketika itu

Advertisement

Pada tahun 1921 Kohler mengepalai Institut Psiko­logi Universitas Berlin dan menjadi profesor filsafat di universitas yang sama. Ia terus mengembangkan penelitiannya sampai ia memutuskan menulis buku Gestalt Psychology pada tahun 1929. Pada tahun 1935 ia pindah ke Amerika Serikat karena di negara­nya ia menjadi penentang Hitlei.

Advertisement