Advertisement

METODE DESCARTES

Dalam Discourse on Method, Descartes menyajikan empat kaidah yang melengkapi kita dengan pengetahuan dan yang merupakan dasar-dasar penyelidikan filosofis. Empat kaidah tersebut sebagai berikut:

Advertisement

1. Jangan pernah menerima apa saja sebagai benar kecuali kalau Anda dapat mengenalnya memang benar dengan sendirinya. Hindarilah semua prasangka dan jangan memasukkan sesuatu dalam kesimpulan kecuali kalau hal itu tersajikan sedemikian jelas dan terpilah-pilah sehingga tidak ada hal yang memungkinkan Anda untuk meragukannya.

2. Bagilah suatu masalah ke dalam bagian yang terpilah-pilah se-banyak mungkin dan sejauh diperlukan untuk menyediakan suatu pemecahan yang lebih mudah.

3. Berpikirlah secara teratur (sistematik) mulai dengan unsur- unsur yang paling sederhana dalam masalah itu dan hal-hal yang paling mudah dimengerti, dan secara perlahan beranjak ke pengetahuan yang lebih rumit (sintesis). Dalam proses ini Anda mungkin harus mengandaikan suatu keteraturan di antara unsur-unsur yang sesungguhnya tidak ada.

4. Akhirnya, pastikan bahwa segala sesuatu sudah dipertimbangkan dan tiada yang luput dari tinjauan Anda.

Advertisement