Advertisement

METODE PENELITIAN SOSIOLOGIS KONKRET

Cara-cara dan sarana yang digunakan oleh para pakar sosiolog dalam mengumpulkan informasi primer dan menganalisisnya. Ter dapat tiga kelompok metode seperti itu.

Advertisement

1. Kelompok pertama mencakup kepastian fakta-fakta tungga dan akumulasi data primer. Fakta-fakta dipastikan dengan ob servasi langsung, analisis dokumen-dokumen, atau dengan pe nelitian. Pada tingkat penelitian ini pentinglah untuk menjamit stabilitas, autentisitas dan validitas (keabsahan) data primei Ini dicapai dengan mencek kembali fakta-fakta, observasi observasi, pengendalian dan penelitian-penelitian, dan dengai suatu kombinasi metode-metode pengumpulan informasi.

2. Kelompok kedua mencakup penyelidikan/penelitian monografil (studi tentang berbagai aspek dari suatu gejala atau proses sosial melalui berbagai metode), observasi atau penyelidikai umum dan selektif. Observasi selektif secara statistik mengandaikan seleksi yang absah terhadap fakta-fakta seperti itu terhadap isi umum dari objek yang diobservasi (misalnya, andil dari para pembaca koran dalam penyelidikan terhadap khalayak pembaca yang akan cukup representatif untuk memungkinkan penyelidik menilai secara tepat kecenderungan- kecenderungan yang berkaitan dengan seluruh isi dari jenis ini.

3. Kelompok ketiga mencakup metode-metode yang digunakan dalam mengolah data primer deskripsi dan klasifikasi, generalisasi, analisis sistem-sistem, dan sebagainya.

Seleksi terhadap metode penyelidikan ini atau itu bergantung terutama pada hakikat objek yang dipelajari dan premis- premis teoritis penyelidikan. Premis-premis ini dirumuskan sebelumnya dalam bentuk suatu program studi yang mengemukakan sasaran penyelidikan dan konsep-konsep utama yang berkaitan dengan analisis data dan asumsi-asumsi menyangkut kaitan-kaitan dan ketergantungan-ketergantungan yang mungkin antara ciri-ciri esensial dari proses (hipotesis) yang dipelajari.

Advertisement