Advertisement

NEO-FREUDIANISME

Inggris: neo-frtudianum.

Advertisement

1. Suatu arah dalam filsafat modern. Ia mempelajari manusia, tempat dan peranan manusia dalam struktur lembaga-lembaga sosial dengan menggunakan prinsip-prinsip psikoanalisis.

2. Neo-Freudianisme muncul di akhir tahun 1930-an. Ini merupakan revisi terhadap beberapa prinsip Freudianisme yang t dak dapat dipertahankan lagi. Wakil-wakil Neo-Freudianisn (K. Horney, H. Sullivan, Fromm) mengritik sejumlah asurr awal dan kesimpulan akhir psikoanalisis klasik. Ahli-ahli i menyimak penafsiran terhadap proses-proses intrapsikis yang dianggap bertanggung jawab atas situasi-situasi konflik. Meret menyimak pula pemahaman psikoanalisis terhadap tingkata tingkatan struktural fungsi psikis dan mekanisme dari unst unsur yang tidak sadar.

3. Neo-Freudianisme menerima pola-pola pokok psikoanalis klasik. Misalnya gagasan psikoanalisis tentang motif-motif irasi1 nal kegiatan manusia. Motif irasional ini dianggap begitu s£ melekat dalam setiap individu. Di samping itu juga termasi metode psikoanalitis untuk mempelajari struktur pribadi d: sosial. Wakil-wakil neo-Freudianisme ini memusatkan perhati pada proses-proses sosial dan kultural yang sebagian besar bd tanggung jawab atas konflik-konflik intra-personal indivicf maka mereka bersandar pada konsepsi Freud tentang kecnndoran yang tidak sadar. Menurut mereka, konsepsi mi mcmpcrl nyak batas-batas pengenalan terhadap dunia batin manusi Psikoanalisis klasik tidak mempunyai jawaban komprehen terhadap persoalan-persoalan menyangkut manusia. Yaitu b gaimana manusia hidup dan apa yang selayaknya ia perbu; Kaum Neo-Freudian mau menutupi jurang tersebut. Mere! mengritik masyarakat modern Barat. Dalam masyarakat i manusia kehilangan keunikannya. Manusia terasing dari dur luar dan dari dirinya sendiri. Manusia kehilangan dimensi rr; nusiawi yang aktual. Dalam melakukan hal ini, mereka tids menyingkapkan alasan yang tepat mengenai kemunduran ii dividu. Mereka mempunyai harapan untuk memulihkan aneka bentuk keterasingan manusia dengan psikoanalisis hi manistis. Menurut mereka, psikoanalisis humanistis ini d ngan sendirinya mampu menumbuhkan unsur-unsur kritis d lam kesadaran manusia dan mengubah nilai-nilai dan cita-cita kehidupan manusia.

Incoming search terms:

  • Arti neo motif

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Arti neo motif