Advertisement

NOUS

Inggris: nous. Dari bahasa Yunani nous, noos (pikiran, akal buc intelek).

Advertisement

Dalam beberapa filsafat istilah ini digunakan untuk menunjukan Allah sebagai Akalbudi Kosmis atau Intelegensi Dunia. Nous merupakan konsep pokok dalam filsafat klasik. Konsep ini menunjukkan konsentrasi dari semua tindakan kesadaran dan pemikiran yang ada dalam dunia.

Penggunaan Istilah

1. Konsep ini tampil pertama kali dengan suatu bentuk yang jelas dalam filsafat Anaxagoras. Anaxagoras menganjurkan Nous sebagai prinsip tata tertib maupun animasi, yang menjela kan kehadiran alam semesta dan bukan khaos. Dalam filsaf: Anaxagoras konsep ini diuraikan sebagai prinsip yang men bentuk dan mengatur materi yang tidak berbentuk. Anaxagor; menggunakan kata Nous bagi Inteligensi (Akalbudi, Pikirit Universal yang mengatur alam semesta menjadi suatu keteran an rasional, yaitu Pikiran yang meresapi-semua yang meletakkan (mengadakan) suatu pola yang dapat dimengerti di dalam suatu alam semesta yang secara intrinsik tidak dapat dimengerti. Menurut Anaxagoras, nous tidak ditemukan sebagai suatu unsur penentu di dalam hal-hal. Nous adalah suatu yang-ada yang tidak dapat diraba yang mempengaruhi unsur-unsur penentu segala sesuatu dan memolakannya ke dalam tatanan yang mereka miliki.

2. Konsep Anaxagoras ini diberi tafsiran idealis oleh Plato dan teristimewa oleh Aristoteles. Plato menggunakan istilah ini untuk menunjuk pada pengetahuan tertinggi atau fakultas pengetahuan tertinggi, dan Aristoteles memformalisasikan hal itu. Plato dan Aristoteles menganggap nous sebagai ide dari semua ide dalam keadaan kontemplasi-diri kekal. Pemikiran ini men-dapat perhatian besar di kalangan kaum Neoplatonis.

Dalam pemikiran Aristoteles nous mempunyai beberapa arti: 1) Pikiran dari Ada Kekal Ilahi di mana segala ide yang dapat dimengerti ditemukan dan semua ide mengaktualkan dirinya sendiri menurut pikiran ini. 2) Inteligensi atau akalbudi tunggal yang dapat dilihat dengan dua cara (secara kasar berkaitan dengan pembedaan bentuk dan materi Aristoteles) a) apa yang menjadi segala sesuatu (materi) dan b) apa yang merupakan suatu kekuatan aktif yang menjadikan segala sesuatu (bentuk). 3) Bagian rasional pikiran manusia yang meliputi pemahaman intelektual dan intuitif tentang ide-ide fundamental mengenai kenyataan yang berbeda dengan pemahaman perseptual, indrawi.

Ia membedakan antara nous poietikos (akal aktif) pada manusia dan nous pathetikos (akal pasif). Keduannya saling melengkapi sebagaimana materi dan forma. Aristoteles menerapkan istilah ini pada Allah yang kegiatan-Nya dideskripsikan sebagai noes t s noeseos (“berpikir tentang pemikiran” atau “pemikiran yang berpikir tentang dirinya sendiri”).

Nous pathetikos ialah aspek pikiran (Nous) yang mampu memahami dan membuat arti apa yang ada dalam pengalaman. Kadang disebut Akalbudi Pasif, Intelek Pasif.

Nous poietikos berarti a) Aspek (ilahi) pikiran yang mampu memahami prinsip-prinsip kekal, pertama dari semua gejj (bentuk-bentuk atau substansi-substansi yang dapat dimengen sebagai lawan dari aspek pikiran yang berhubungan deng gejala yang berlalu, b) Kadang disebut Akalbudi Aktif, Intel Aktif. Para pengikut Aristoteles menganggap nous sejei yang-ada pretersensual istimewa yang memberikan arti d bentuk tertentu kepada dunia. Kaum materialis juga menggur kan konsep ini.

Demokritos memahami nous sebagai api. Thales memb buhkan arti kosmologis kepada nous. Nous dalam pandang klasik selalu bersifat ekstra-personal dan bahkan impersor yang berbeda dari ajaran-ajaran Abad Pertengahan yang di d lam Nous menemukan unsur personal.

3. Kaum Neoplatonis menggunakan istilah ini secara luas unti mengacu pada dunia intelijibel. Plotinos memandang nous seb gai emanasi pertama dari Sang Ada ilahi, dan satu dari ti hipostasis (perwujudan) Allah, dua yang lain adalah Satu d Jiwa Dunia.

Incoming search terms:

  • pengertian nous
  • nous adalah
  • arti nous
  • Apa itu NOUS?
  • arti kata nou
  • menjela arti
  • pengertian nou

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian nous
  • nous adalah
  • arti nous
  • Apa itu NOUS?
  • arti kata nou
  • menjela arti
  • pengertian nou