Tanda dan gejala asam urat yang umum

Sama layaknya penyakit lainnya, tidak semua orang dapat merasakan tanda-tanda asam urat yang sama. Namun, tanda-tanda yang kebanyakan kerap terjadi, meliputi:

Nyeri sendi mendadak
Pembengkakan terhadap sendi (efusi sendi)
Kesulitan untuk jalankan kesibukan dikarenakan gerakan terbatas
Area yang nyeri dan membengkak dapat mulai panas
Kemerahan terhadap kulit di kira-kira sendi
Muncul nodul (pembengkakan gawat yang memerah di kulit)
Biasanya tanda-tanda encok hanya memengaruhi satu sendi, sekiranya pada kaki. Area yang paling sering mengalami nyeri sendi adalah jempol kaki, dikenal dengan makna podagra (peradangan pangkal ibu jari kaki).

Banyak orang yang merasakan encok hanya terhadap kaki atau tangan, namun keadaan ini sebenarnya sanggup terjadi hampir di seluruh sendi yang tersedia terhadap tubuh. Rasa sakit yang makin lama gawat tandanya bahwa peradangan terhadap sendi telah semakin memburuk.

Pilihan obat asam urat berasal dari dokter

Encok tidak boleh disepelekan. Agar kondisi Anda tidak makin tambah gawat hingga memicu komplikasi, dokter biasanya bakal meresepkan lebih dari satu obat asam urat. Obat-obatan ini mampu mengurangi keparahan gejala, menghindar kambuh, serta mengikis kristal asam yang jadi penyebab encok.

Berikut sebagian pilihan obat asam urat yang kebanyakan diresepkan dokter:

1. Obat anti-radang nonsteroid (NSAID)
Obat anti-radang nonsteroid (NSAID) yang umum adalah ibuprofen (Advil, Motrin IB) dan naproxen sodium (Aleve). Jika gejalanya parah, dokter kemungkinan dapat meresepkan NSAID yang lebih kuat seperti indomethacin (Indocin) atau celecoxib (Celebrex).

Dokter barangkali dapat menambah terus dosisnya kalau suasana tetap makin tambah kronis tiap-tiap kali kambuh. Efek samping penggunaan obat ini adalah sakit perut dan perdarahan pada proses pencernaan.

2. Colchicine
Dokter Anda bisa menganjurkan colchicine (Colcrys, Mitigare), sejenis pereda nyeri yang efektif kurangi nyeri. Dosis obat sesuai dengan keparahan gejala.

Efek samping pemakaian obat ini adalah mual, muntah dan diare, lebih-lebih kalau digunakan dalam dosis besar. Untuk serangan encok ringan, dokter bakal meresepkan colchicine di dalam dosis rendah untuk mencegah serangan kambuh lagi.

3. Kortikosteroid
Obat asam urat model kortikosteroid dapat digunakan kalau obat layaknya colchicine atau NSAID tidak ampuh untuk meredakan gejala. Efek samping pemanfaatan obat ini adalah kadar gula darah dan tekanan darah dapat meningkat dan suasana hati menjadi cepat berubah.

4. Obat penghambat memproses uric acid
Obat yang bisa menghambat tubuh untuk mengolah uric acid adalah xanthine oxidase inhibitor (XOIs). Termasuk termasuk allopurinol (Aloprim, Lopurin, Zyloprim) dan febuxostat (Uloric).

Dengan demikian, obat-obatan ini mampu kurangi risiko kambuhnya encok di kemudian hari. Sementara efek sampingnya adalah ruam terhadap kulit, mual, berkurangnya kuantitas darah, dan penurunan manfaat hati.

5. Obat penghancur asam urat
Obat-obatan yang dapat menghancurkan kristal asam urat adalah uricosurics, termasuk probenesid (Probalan) dan lesinurad (Zurampic).

Obat ini meningkatkan kekuatan ginjal Anda untuk mencuci racun berasal dari di dalam tubuh agar bisa turunkan kandungan uric acid. Efek sampingnya termasuk ruam, sakit perut, dan risiko batu ginjal.

 

Pilihan obat asam urat alami asam urat

Selain obat encok yang diresepkan oleh dokter, lebih dari satu obat alternatif terhitung punyai potensi untuk tingkatkan kesehatan pengidap penyakit ini. Namun, konsultasikan terutama dahulu kepada dokter untuk menjauhi pengaruh samping, kontraindikasi, dan alergi.

Beberapa obat asam urat alternatif alami yang barangkali udah Anda punya di rumah, pada lain:

1. Seledri
Seledri kaya antioksidan lengkap dengan asam fenolik dan quercetin yang mampu merawat persendian dari peradangan. Selain itu, biji seledri terhitung punyai potensi untuk kurangi penumpukan asam urat.

Anda dapat memperoleh manfaatnya berasal dari seledri yang dibuat jus atau minum suplemen ekstrak seledri.

2. Ceri
Tidak berlainan jauh dengan seledri. Buah ceri juga mempunyai faedah yang sama, yaitu memelihara tubuh berasal dari peradangan. Penggunaan obat allopurinol bersama tambahan jus ceri mampu turunkan risiko penyakit ini sebesar 75 persen.

3. Minyak ikan dan suplemen magnesium
Minyak ikan punya kandungan asam lemak omega 3 yang terlampau penting untuk menahan peradangan dalam tubuh. Sementara itu, magnesium bisa memperlambat memproduksi uric acid terhadap tubuh.

 

Tips hidup sehat untuk mengatasi asam urat

Penyakit apa pun itu tidak dapat mampu sembuh maksimal kalau Anda tidak merawat gaya hidup sehat, meski telah minum obat.

Oleh dikarenakan itu, mengubah jenis hidup adalah kunci supaya Anda selamanya mampu nyaman beraktivitas tanpa kuatir encok kambuh tiba-tiba. Harus bagaimana?

Membatasi minuman alkohol dan makanan tinggi gula. Sudah jelas kan, alkohol dan makanan tinggi gula bisa jadi penyebab asam urat? Nah, supaya tanda-tanda tidak kambuh, jauhi dua hal ini amat penting. Sebaliknya, Anda kudu memperbanyak minum air putih dan makan buah-buahan yang fresh tanpa tambahan gula.
Batasi makanan tinggi purin. Mengonsumsi makan tinggi purin memang tidak apa, asal jangan benar-benar banyak. Jika Anda kuatir gejala bakal kambuh, pilihlah alternatif makanan sehat lainnya.
Olahraga rutin. Menjaga tubuh Anda selamanya aktif bersama olahraga menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, berat badan Anda terhitung lebih ideal sehingga risiko terkena encok di lantas hari termasuk bisa menurun. Pilihlah olahraga yang sesuai bersama situasi Anda dan bikin jadwal olahraga agar Anda selamanya disiplin.

Filed under : Bikers Health,