Advertisement

OKASIONALISME

Inggris: occasionalism. – dari kata Latin: occasio, occickre (jatuh).

Advertisement

Doktrin agama ini dicanangkan oleh kelompok idealis pada abad ke-17. Tokohnya antara lain J. Clauberg, A. Geullincx. Kelompok ini mau menjelaskan interaksi yang tak dapat disingkapkan antara jiwa dan tubuh, yang muncul akibat dualisme dalam filsafat Descartes.

1. Masalah hubungan jiwa-badan dalam Descartes ditandai dua isme ketat, di mana jiwa dan tubuh tidak mempunyai hubungan. Jika jiwa dan badan benar-benar berbeda, mustahil dijelaskan bagaimana interaksinya terjadi. Menurut Malebranch Geulincx, dan lain-lain, setiap kali jiwa setuju dengan tindaki tertentu, Allah menggerakkan tubuh. Kepada jiwa kita, Alk memberikan kesadaran akan modifikasi fisik. Pengikut la adalah Johannes Clauberg dan Louis de la Forge. Hendakn; diperhatikan bahwa para filsuf Arab sudah menyajikan suai versi dari teori ini, yang sudah digeneralisir (dirampatkan), mana Allah merupakan perantara antara dua peristiwa, yaf secara efektif menggantikan kategori kausalitas.

2. Menurut para penganut okasionalisme, Allah sendirilah yar memiliki satu-satunya aktivitas real. Allah mengadakan intervensi secara langsung. Yang terbatas hanya penyebab yang bersifat okasional (kadang-kadang saja) untuk aktivitas Alia Mereka menolak adanya kausalitas efisien pada sesuatu yang terbatas. Adanya kausalitas timbal balik antara jiwa dan tubi ditolak.

3. Adanya okasionalisme universal dapat berdasarkan pandangi dunia yang mekanistis atau berdasarkan pemahaman yang salah tentang campurtangan ilahi. Sementara semua pengan okasionalisme sepakat bahwa Allah merupakan satu-satun penyebab utama semua kegiatan, beberapa penganut pa dangan ini melihat ciptaan semata-mata sebagai kondisi kegiatan ilahi (Malebranche). Kegiatan ilahi ada pada seti. kausalitas. Namun yang lain beranggapan bahwa ciptaan m rupakan alat pasif (Geullinox). Dan karena eksistensi tanpa aktivitas tidak mungkin, okasionalisme secara logis terjerumus dalam panteisme.

Incoming search terms:

  • okasionalisme
  • okasional

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • okasionalisme
  • okasional