Advertisement

OKULTISME

Inggris: occultism; dari Latin occultare (menyembunyikan) occultum (tersembunyi).

Advertisement

1. Dari segi profan, okultisme praktek-praktek yang menggeluti hal-hal yang bersifat misterius bagi pengalaman biasa, yang belum diketahui dengan menggunakan daya pengetahuan nor¬mal manusia atau yang seluruhnya tertutup dari daya pengetahuan tersebut. Bentuk (ragam) pengetahuan rasional-indrawi yang pada hakikatnya terdapat pada setiap manusia, merupakan hal biasa. Hasil akhir ragam pengetahuan tersebut ialah pandangan tentang dunia yang sifatnya empiris dan ilmiah. Sebaliknya, yang gaib (the occult) adalah segala sesuatu yang diketahui secara abnormal tetapi bersifat profan. Okult juga merupakan modus pengetahuan itu sendiri.

2. Praktek itu dapat dihayati sebagai suatu kepercayaan religius yang setaraf dengan “mistisisme” yang bergelut dengan hal yang rahasia.

Beberapa Kategori

Berdasarkan derajat keabnormalan, okult dapat dikategorikan sebagai berikut.

1. Terdapat sesuatu yang tidak biasa, tidak umum atau Ini terjadi hanya dalam pribadi perorangan dalam situasi yai jarang terjadi yang mirip dengan kerasukan (trance, ekstasi Juga terdapat penyakit yang dapat menimbulkan ganggu terhadap kemampuan seseorang sedemikian rupa sehingga bicara bisa keliru dalam hal persepsi. Dalam kategori ini ditemuk; kegiatan-kegiatan yang tidak umum dari pikiran bawah sad dalam tidur dan dalam mimpi-mimpi, di bawah hipnotis di dalam keadaan histeria.

2. Terdapat hal yang luar biasa. Ini terjadi entah tanpa kemampuan biasa seseorang atau bahkan berlawanan dengan kemar puan biasa tersebut (okult dalam arti sempit). Dan ini bi terdapat entah di dalam kesadaran seseorang (parapsikologi) atau di luar kesadarannya (parafisika). Misalnya, mengetahui hal-hal bukan dalam batas ruang dan waktu (“indera keenam”), komun kasi keadaan mental tanpa ekspresi indrawi, efek kemauan luar tubuhnya sendiri tanpa pengantara ruang yang dapat dik tahui. Dalam kategori ini termasuk telepati. Telepati merupakan pengiriman gambar-gambar, perasaan-perasaan dan kegiatai kegiatan kemauan kepada orang-orang lain hanya denga menghendakinya secara batiniah. Telestbesia merupakan visi langsung tentang suatu kenyataan yang tidak dikenal oleh oran lain tanpa menggunakan indera yang diketahui sedemikian, sehingga telepati ditinggalkan. Telefisika merupakan produksi gerakan-gerakan (telekinesis), bunyi-bunyi, matenalisasi-materialisasi kesan-kesan muka dan tangan tanpa kontak fisik. Dan ini d lakukan tanpa kegiatan eksternal apa pun yang diketahui.

3. Terdapat sesuatu yang melebihi alam (preternatural). Di sini kausalitas seakan-akan tidak berasal dari manusia-manusia yang hidup melainkan dari makhluk-makhluk yang tidak berbada (jiwa orang mati atau jiwa dari makhluk spiritual murni lain nya), seperti: roh-roh dan inteligensi. Yang dapat dimasukkan di sini ialah hal-hal seperti: laporan tentang hantu, setan, jin dan sebagainya.

Beberapa Penjelasan

Penjelasan tentang kejadian-kejadian yang dianggap di luar kewajaran itu, sebagai semata-mata penyimpangan dari keadaan biasa, kini sedang ditangani dan pada akhirnya mungkin akan dipecahkan.

Pengaruh yang datang dari jauh barangkali bertolak dari manusia yang hidup, karena dia mempunyai bakat khusus untuk memberikan pengaruh (efek) semacam ini (orang semacam itu biasa dapat memerankan fungsi sebagai perantara). Namun hingga kini tidak terdapat teori yang memuaskan tentang “bagaimana” hal itu terjadi. Beberapa teori sudah dikembangkan, yaitu: radiasi misterius dari sistem saraf; kegiatan langsung yang berasal dari jiwa dan tertuju langsung kepada jiwa dengan telepati tanpa bantuan tubuh; penaklukan terhadap waktu dan ruang dengan praktek perdukunan (clairvoyance). Tetapi kita tetap hampir sama sekali tidak mengetahui hal-hal itu. Bagaimanapun, karena pengaruh yang dihasilkan dari jauh dapat diulang di bawah kondisi tertentu berbeda dari apa yang diyakini sebagai mukjiza pengaruh itu menunjuk hukum-hukum alam. Hanya saja, hukum- hukum alam ini tetap tidak kita ketahui secara menyeluruh.

Incoming search terms:

  • Pengertian okultisme
  • apa yang di maksud dengan okultisme
  • arti okultisme
  • arti okultisme secara etimologi
  • definisi okultisme

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Pengertian okultisme
  • apa yang di maksud dengan okultisme
  • arti okultisme
  • arti okultisme secara etimologi
  • definisi okultisme