Advertisement

OMNIPOTEN

Inggris: omnipotence; dari Latin Omnipotens (mahakuasa).

Advertisement

Omnipoten adalah sifat yang dikenakan kepada Allah. Dengan atribut ini Allah digambarkan dapat mempengaruhi segala sesuatu yang tidak mengandung kontradiksi dalam dirinya sendiri. Dari pihak Allah, atribut ini mengandaikan adanya daya kreatif Allah yang mutlak, karena hanya dengan ketidaktergantungan pada seluruh materi yang sudah ada sebelumnya maka kegiatan Allah sungguh-sungguh tidak dapat dibatasi. Sedangkan, dalam kegiatan kita, kita tergantung pada materi yang sudah ada sebelumnya dan dibatasi olehnya.

Tetapi, omnipotensi Allah itu menuntut sesuatu dari sisi hal- hal yang diciptakan, yaitu bahwa hal-hal itu tidak mengandung kontradiksi dalam dirinya sendiri. Sebab, Allah tidak dapat menjadikan sesuatu yang mustahil secara intrinsik (misalnya, lingkaran bersegiempat), karena hal semacam ini tidak ada.

Omnipotensi itu juga menuntut tiadanya kontradiksi dalam diri Allah sendiri. Dengan demikian tidak dapat dibayangkan bahwa Allah dapat berdosa, sebab dosa mengandung kontradiksi konseptual dengan kesucian (keutuhan) Allah yang hakiki dan mutlak.

Karena kemahakuasaan-Nya Allah mampu mengerjakan mukjizat-mukjizat dan juga mengangkat makhluk rohani melampaui batas-batas kodratnya sendiri kepada tatanan eksistensi yang lebih tinggi.

Advertisement