Advertisement

OPINI

Inggris: opinion-. Latin: opinio (sangkaan, keyakinan, terkaan, imajinasi, dugaan, pemikiran, penilaian, perkiraan). Dalam bahasa Yunani doxa, dari dokeo (mengandaikan, rupannya, kelihatan).

Advertisement

1. Keyakinan, biasanya suatu keyakinan yang didasarkan atas pandangan yang dikembangkan secara pribadi; atau apa yang pikirkan orang tentang sesuatu, tetapi tidak secara niscaya mengandung suatu penilaian definitif (pasti).

2. Putusan sering suatu putusan yang dibentuk oleh seorang ahli.

3. Suatu pernyataan a) yang didukung oleh argumen rasional, atau b) disajikan dengan suatu keraguan mengenai kebenarannya, atau c) yang disajikan dengan kesadaran bahwa kebenarannya dapat diragukan.

4. Suatu keyakinan (gagasan, pernyataan) yang tidak mempunyai evidensi (bukti-bukti faktual) pendukung.

5. Digunakan sebagai terjemahan dari kata-kata Yunani seperti: doxa, yang mengandung arti: pengetahuan yang tidak pasti, berubah, terbatas pada ilusi.

6. Dalam filsafat Yunani, konsep itu berarti pengetahuan yang tidak sempurna, subjektif. Ini berbeda dengan pengetahuan yang otentik, yaitu kebenaran. Sudah sejak filsuf Eleatik dengan jelas dibedakan antara kebenaran yang didasarkan pada pengetahuan rasional dan opini yang didasarkan pada penangkapan indrawi.

7. Bagi Aristoteles, opini merupakan metode empiris pengetahuan yang materi pokoknya dapat berubah menjadi palsu, karena ditempatkan antara yang aksidental dan individual. Aristoteles membedakan opini dari pengetahuan ilmiah yang esensial dan universal.

 

Pandangan Beberapa Filsuf

1. Parmenides membedakan opini dari kebenaran. Yang pertar berhubungan dengan pengalaman indrawi dan berurusan dengan yang tampak. Yang kedua bertalian dengan pemikir dan bergumul dengan realitas dan yang-ada.

2. Bagi Plato opini menggambarkan suatu posisi di antara agm (ketidaktahuan) dan episteme (pengetahuan). Dalam skema pengetahuan dari Plato (di mana suatu garis dibagi atas dua bagian — atas dan bawah) bagian bawah mewakili opini, bagian atas mewakili pengetahuan atau pengertian. Opini hanya bersifat probabel, karena subjeknya adalah dunia perubahan.

3. Aristoteles mengikuti Plato karena baginya opini berhubung dengan yang kontingen, dan tidak bisa lebih dari probab Apa yang dianggap sebagai opini yang benar atau populer, pandang sebagai titik berangkat penelitian.

 

Incoming search terms:

  • opini on artinya

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • opini on artinya