Advertisement

PAKAIAN ADAT DI INDONESIA – Mungkin paling bera­gam di dunia. Satu daerah, satu suku bangsa ter­kadang memiliki beberapa jenis pakaian adat. Pada suku bangsa Jawa di Jawa Tengah, misalnya, pakaian adat Surakarta lain dengan yang dipakai orang Yogya­karta; lain lagi dengan pakaian orang Kudus, Banyu­mas, dan Semarang. Pakaian adat untuk sehari-hari juga berbeda dengan pakaian adat untuk upacara tertentu. Selain itu, tingkat sosial pemakainya menye­babkan pula perbedaan pakaian yang dikenakannya. Itu masih ditambah lagi dengan golongan umur; se­orang gadis yang belum mengalami haid berpakaian lain dengan yang sudah, lain lagi dengan yang telah menikah, dan lain pula dengan yang sudah berumur.

Umumnya, pakaian adat wanita Indonesia terdiri atas kain atau sarung dan kebaya. Motif kain dan sa­rungnya berbeda dari daerah satu ke daerah lainnya. Cara mengenakannya juga lain. Jika kain itu terbuat dari batik, motif batiknya pun berbeda-beda. Pria In­donesia mengenakan pakaian adat dengan menyisip­kan sebilah senjata kecil di pinggang atau punggung­nya. Bagi suku bangsa Jawa, Sunda, Madura, dan Ba­li, senjata itu berupa sebilah keris yang disisipkan di punggungnya. Sedangkan bagi orang Lampung, Riau, Palembang, Minangkabau, Jambi, Sambas dan Sing- kawang, keris diselipkan pada pinggang bagian perut. Orang Aceh menyisipkan sebilah rencong di bagian perutnya bila berpakaian adat. Demikian pula, orang Bugis, Makasar, dan Bone menyisipkan badik pada lipatan kain sarung di bagian perut mereka.

Advertisement

Hampir semua suku bangsa di Indonesia mengenal penutup kepala sebagai kelengkapan pakaian adat pria. Mulai dari Aceh hingga Irian Jaya, orang me­ngenakan penutup kepala dengan berbagai macam bentuk. Di Pulau Jawa dikenal penutup kepala yang disebut bendo, blangkon, udeng, dan iket. Di Aceh dikenal keupiah meuketup. Di daerah lain dikenal pula songkok. Namun penutup kepala nasional yang resmi adalah peci atau kopiah.

 

Incoming search terms:

  • arti definisi pakaian daerah
  • definisi pakian adat

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti definisi pakaian daerah
  • definisi pakian adat