Advertisement

PARALELISME PSIKOFISIK

Inggris: psychological parallelism; dari Latin parallelns dan Yunani parallelos, dari para (di samping) dan allelon (satu dengan yang lain) dari alios (lain). Psikofisik dari psyche dan physic (al). Psyche (Latin dan Yunani) berarti napas, roh, jiwa, pikiran; physic (Inggris) dari Yunani: physikos (menyangkut alam, alami) physis (Yunani) yang berarti alam, dari phyo (melahirkan, menimbulkan).

Advertisement

Beberapa Pengertian

1. Ajaran bahwa terdapat korespondensi satu lawan satu antai peristiwa fisis dan psikis dalam seluruh alam semesta. Ungkapa ini diperkenalkan ke dalam filsafat dalam arti yang diperlu; ini oleh Fechner, dan dalam arti ini rupanya mencirikan par dangan Spinoza dan Leibniz.

2. Pengamatan Fechner terhadap ajaran ini datang dari penelit annya dalam bidang psikologi eksperimental. Ajaran itu menyatakan bahwa setiap peristiwa mental mempunyai suat korelat fisis.

3. Pandangan yang menyatakan bahwa hal-hal psikis dan fisiolog merupakan garis-garis sebab-akibat yang masing-masing independen dan paralel. Paralelisme psikofisik ini merupaka trend dalam filsafat yang pertama kali ditampilkan oleh oka.sk nalisme (Malebranche). Trend ini menawarkan suatu pemecaha terhadap problem psikofisik yang secara tak terelakkan timbi berkenaan dengan pertentangan mekanistis jiwa yang tida jasmani dengan tubuh yang mempunyai keluasan. Problem it bertalian dengan teori interaksionisme, ajaran Descartes.

4. Interaksionisme menyatakan, terdapat dua macam sistem kejadian, yang ragawi dan yang rohani (jiwa). Sistem kejadia ragawi terdapat di alam, sedangkan sistem kejadian kejiwaa terdapat dalam jiwa manusia. Di antara kedua macam sister tersebut tidak terdapat hubungan kausal. Hubungan kaus; terjadi hanya dalam masing-masing sistem secara terpisal Kejadian-kejadian fisik menimbulkan kejadian fisik lainnya sedangkan kejadian psikis menimbulkan kejadian-kejadian yan serupa. Tidak pernah kejadian fisik menimbulkan kejadia mental, demikian pula sebaliknya. Paralelisme psikofisik menyatakan bahwa terdapat suatu korespondensi erat antara proses proses fisik dan mental tetapi tidak ada interaksi.

Incoming search terms:

  • pengertian psikofisik
  • apa psikofisik parallelism
  • arti psikofisik
  • psikofisik adalah
  • psikofisik itu apa

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian psikofisik
  • apa psikofisik parallelism
  • arti psikofisik
  • psikofisik adalah
  • psikofisik itu apa