Advertisement

Di Cina memadukan pengobatan tradisional Cina dengan pengobatan Barat yang modern. Pengobatan tradisional memanfaatkan tumbuh-tumbuhan sebagai bahan dasar, memperhatikan konsumsi makanan oleh tubuh (diet), dan akupunktur. Akupunktur adalah teknik penghilangan rasa sakit atau mengusir penyakit, dengan menancapkan jarum-jarum kecil di beberapa bagian tubuh. Dari dunia kedokteran Barat, Cina mengambil banyak metode pengobatan dan pembedahan.

Hampir semua kota dan kelompok masyarakat mempunyai rumah sakit. Tim-tim medis dari rumah- rumah sakit ini mengunjungi rakyat pedesaan secara berkala. Ada juga pekerja-pekerja medis yang melayani berbagai klinik di dusun. Mereka ini disebut dokter kaki telanjang atau dokter jelata, karena mereka ini hidup sebagaimana layaknya penduduk di daerahnya. Untuk bisa menjadi dokter jelata, orang harus mengikuti pendidikan selama satu atau dua tahun di rumah sakit terdekat. Setelah selesai pendidikan dan menyandang sebutan dokter jelata, mereka mampu mengobati berbagai penyakit ringan, membantu kelahiran, meramu obat serta jamu, dan membuat resep. Dengan semua kegiatan ini, kesehatan rakyat Cina semakin membaik bila dibandingkan dengan keadaan tahun 1950-an.

Advertisement

Konsep dokter jelata Cina ini banyak mempengaruhi perkembangan sistem kesehatan masyarakat di negara-negara berkembang lainnya, termasuk Indonesia. Agama apa pun secara resmi dilarang di Cina. Tetapi, peranan agama dalam kehidupan tradisional rakyat Cina sangat penting. Sepanjang sejarah Cina, Konfusianisme, Taoisme, dan Budhisme tampil sebagai agama besar. Berbagai kepercayaan religius yang dianut masyarakat Cina mencakup elemen-elemen dari ketiga agama tadi.

Pemerintah Cina menganggap agama sebagai takhyul yang menghambat kemajuan. Agama menurut komunis hanyalah pelarian bagi manusia yang tidak sanggup menghadapi berbagai masalah kehidupan. Kaum komunis terutama memusuhi ajaran Konfusianisme, sebab agama ini menitikberatkan pada masa laiu dan membenarkan adanya tingkatan-tingkatan dalam kehidupan sosial manusia. Pemerintah Cina berusaha membuang semua pengaruh Konfusianisme dari kehidupan keluarga, pendidikan, dan politik. Selain itu, pemerintah Cina juga telah mengubah semua kuil menjadi museum, sekolah, dan balai pertemuan. Sekitar 25 juta rakyat Cina menganut Islam. Pemerintah mengizinkan mereka menjalankan ibadahnya, tetapi tidak memberi dukungan apapun. Agama Kristen sudah berkembang cukup lama di Cina. Tetapi waktu kaum komunis berkuasa, banyak pin agama (pastor dan uskup) yang selama puluhan tahun. Gereja Katolik yang ada dak boleh berhubungan dengan Vatikan. Kini di berapa kota besar di Cina masih ada beberapa gereja yang berfungsi selayaknya.

Incoming search terms:

  • kesehatan di cina
  • bagaimana pembiayaan kesehatan dichina
  • keadaan di cina tentang kesehatan
  • konsep rs tradisional china
  • sistem kesehatan china
  • sistem kesehatan di china

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • kesehatan di cina
  • bagaimana pembiayaan kesehatan dichina
  • keadaan di cina tentang kesehatan
  • konsep rs tradisional china
  • sistem kesehatan china
  • sistem kesehatan di china