Advertisement

Faktor ekonomi merupakan segi yang menentukan di dalam berhasil atau tidaknya usaha pemerintah untuk mencukupi kebutuhan protein rakyat. Dengan masih rendahnya perrdapatan perkapita maka sangat sulit bagi rakyat untuk dapat menyediakan protein yang cukup dalam makanan sehari-harinya menurut standard di Indonesia yang masih rendah yaitu 50 gram/hari/perkapita. Faktorfaktor lain penyebab kekurangan protein di Indonesia adalah karena kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya protein bagi tubuh.

Kebutuhan tubuh akan protein dapat dipenuhi dari dua sumber yaitu protein hewani lebih baik dari protein nabati karena kandungan asam-asam amino protein hewani mempunyai nilai biologik (gizi) yang lebih baik daripada asamasam amino protein nabati. Umumnya lebih dari 90% asam amino protein hewani dapat diserap oleh tubuh. Menurut WHO (1973), protein hewani mengandung asamasam amino essensial yang lebih lengkap. Perbedaan ini kadangkadang sangat menyolok terutama bila dibandingkan dengan padipadian yang sangat rendah kandungan lisinnya, sedangkan pada telur, susu dan ikan kandungan lisin cukup tinggi.
Seperti diketahui daging dan telur merupakan makanan yang mahal, hanya dapat dibeli oleh masyarakat tertentu saja sehingga perlu diusahakan untuk mendapatkan sumber protein hewani yang mempunyai nilai gizi yang baik dan harganya murah. Salah satu kemungkinan untuk menghasilkan protein yang murah dan mudah diusahakan adalah bekicot karena jenis binatang ini terdapat dimanamana mudah didapat dan cepat diternakkan.
Daging bekicot bila diolah dengan baik dapat disajikan sebagai santapan yang tidak kalah lezatnya dari daging ternak lainnya. Bahkan dewasa ini daging bekicot telah diusahakan menjadi suatu komoditi ekspor, yakni dalam bentuk daging bekicot rebus beku (frozen cooked snail), dan nampaknya mempunyai msa depan dan harapan yang cukup baik.
Pemanfaatan daging bekicot bagi masyarakat secara luas untuk dapat diterima sebagai makanan, masih diperlukan pengamatan lebih jauh maupun cara memasak yang lebih menarik.

Advertisement

Advertisement