Advertisement

ANJING merupakan keturunan anjing serigala yang sudah dijinakkan. Penjinakan anjing liar sudah dilakukan manusia sejak 15.000 tahun yang lalu, saat manusia masih hidup berburu. Pada masyarakat pemburu, anjing sangat diperlukan untuk melacak binatang buruan. Di beberapa dacrah di Indonesia, sepcrti di Kalimantan Tengah, masyarakat masih banyak memelihara anjing untuk keperluan ini. Anjing merupakan binatang piaraan yang pertama kali.

Sekarang, anjing tidak saja membantu memburu binatang, tetapi telah digunakan untuk berbagai keperluan manusia: untuk diadu keccpatan larinya, untuk pertunjukan, penarik beban, kesenangan, hiasan, penjaga rumah, penuntun kaum tunanetra, pengawal, gembala, dan untuk melacak pelaku kejahatan serta sebagai anggota regu penolong kecelakaan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, manusia menyeleksi berbagai macam anjing. Sampai saat ini, tercatat sebanyak 400 galur yang sudah distandarisasi oleh Federasi Kinologi Internasional. Di Indonesia cabang federasi ini bernama Perhimpunan Kinologi Indonesia dengan singkatan PERKIN.

Advertisement

Akibat penjinakan, anjing mengalami perubahan sifat dari bentuk liarnya, antara lain indera penglihatan, penciuman dan pendengaran menjadi kurang peka. Volume otaknya hanya 31 persen volume otak anjing serigala. Suatu percobaan memperlihatkan bahwa anjing serigala hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk menemukan kaleng berisi daging di antara tumpukan kaleng kosong; anjing rumah membutuhkan waktu 1 jam untuk mengerjakan hal yang sama.

Meskipun ketajaman penciuman anjing sudah berkurang, anjing masih memiliki penciuman yang sangat tajam. Di tempat tertutup, anjing masih dapat mengenal orang dari bekas jari pada suatu botol, meskipun sudah berlalu enam minggu. Di tempat terbuka, ia mampu mengenalinya sampai satu minggu sesudahnya. Anjing juga mampu mengenali jejak ban sepeda yang dipakai tuannya atau jejak sepatu tuannya  utama pada waktu malam atau pagi hari, yang ada saat suhu tanah lebih tinggi daripada suhu udara.

Kesetiaan anjing terhadap tuannya juga mengagumkan. Dalam keadaan liarnya, anjing selalu patuh kepada pemimpin kelompok. Majikannya dianggapnya sebagai pemimpin kelompok. Anjing akan kehilangan nafsu makan pada saat ditinggal mati tuannya.

Akibat seleksi manusia, timbul berareka ragam anjing. Ada yang ukurannya sangat  kecil seperti Chihuahua yang panjangnya hanya 15 -23 sentimeter dan bobotnya sekitar 0,5 – 2,5 kilogram. Yang besar, hampir sebesar serigala, adalah Irish Wolf Hound. Panjangnya hampir satu meter, tidak termasuk ekornya. Toy Poodle atau Chow chow berambut lebat, panjang dan halus. Ada pula yang bentuk wajahnya seperti kuda nil, antara lain Bulldog, triever, Irish Water Spaniel, dan German Short-haired Pointer.

Hound adalah anjing yang mempunyai indera penciuman atau penglihatan yang sangat tajam. Misalnya, anjing Beagle dan Foxhound melacak buruan dengan mencium bau pada jejak buruan itu. Grey¬hound dan anjing Whippet, yang tubuhnya tinggi dan langsing, mempunyai penglihatan yang tajam. Mereka biasanya digunakan untuk perlombaan lari. Jenis hound lain yang terkenal adalah Afghan Hound dan Saluki.

Anjing pekerja membantu pekerjaan tuannya dengan berbagai cara. Misalnya Doberman pinscher dan anjing Mastif adalah anjing penjaga dan anjing polisi yang hebat. Malamute Alaska, Samoyed dan Huski Siberia digunakan untuk menarik kereta. St. Bernard dan Newfoundland dibiakkan untuk tindakan penyelamatan.

Anjing gembala dahulu digunakan untuk menjaga ternak agar tidak lari atau menjaga dari ancaman serigala. Mereka juga dapat membantu menggiring sapi dan domba ke pasar. Yang paling terkenal dalam kelompok ini adalah anjing Collie dan Herder.

Terrier pada mulanya dikembangkan untuk pekerjaan yang berkaitan dengan lubang-lubang di tanah. Anjing ini asalnya dari Inggris. Sebagian besar, mereka memiliki bulu panjang dan jenggot yang tebal. Terrier adalah anjing pemberani. Mereka juga membantu tuannya dengan membunuh tikus.

Anjing bukan pemburu mulanya dikembangkan untuk berburu atau sebagai anjing pekerja, namun kemudian hanya berfungsi sebagai anjing kesayangan. Poodle dulu pernah membantu mengambil buruan itik bagi pemburu di Perancis. Dalmatian dulu pernah dim latkan sebagai anjing gembala atau anjing penjaga. Contoh lainnya adalah Keeshound, Bulldog, Bosifi Terrier, dan Iain-Iain.

Incoming search terms:

  • pembagian jenis anjing
  • anjing foxhound
  • anjing pointer
  • pembagian jenis jenis anjing
  • pengertian anjing ras
  • penjabaran klasifikasi tentang anjing

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pembagian jenis anjing
  • anjing foxhound
  • anjing pointer
  • pembagian jenis jenis anjing
  • pengertian anjing ras
  • penjabaran klasifikasi tentang anjing