Advertisement

PENDIDIKAN PADA Jaman Romawi sampai Renaisans, Imperium Romawi dimulai tahun 275 SM (SM), pada saat itu Yunani masih dalam kejayaannya. Kejayaan Romawi dimulai tahun 27 SM sampai tahun 476 M. Hingga tahun 250 SM Romawi belum terpengaruh kebudayaan Yunani. Hellenisme masuk ke Romawi sedikit demi sedikit antara tahun 250 SM sampai tahun 146 SM saat Macedonia jatuh ke tangan Romawi. Kebudayaan Romawi yang terpengaruh kebudayaan Yunani disebut kebudayaan Graeco¬Roman, sistem pendidikannya seperti sistem pendidikan di Yunani. Ketika Imperium Romawi berangsur-angsur surut, ibukotanya dipindahkan ke Bizantium di semenanjung Balkan (Romawi Timur), Romawi Barat kemudian dikuasai oleh Pemuka Gereja Kristen. Mulai saat itu jaman di Eropa dinamai jaman kegelapan yang merupakan permulaan dari jaman pertengahan Oniddle ages). Jaman pertengahan dibagi dalam tiga masa didahului oleh jaman kegelapan. Dalam jaman kegelapan ilmu pengetahuan tidak bertambah baik, semua ilmu harus menuruti kemauan Pemuka Gereja. Ilmu pengetahuan dan para ahli dicurigai oleh pihak gereja sebagai telah melakukan bid’ah. Universitas yang telah ada pada jaman ini adalah Universitas Bologna yang didirikan pada tahun 1088 denganjurusan hukum, kemudian dibuka jurusan kedokteran dan liberal arts pada abad ke-1 3, jurusan matematik pada abad ke 14. Di jaman pertengahan liberal arts ini menjadi seven liberal arts, yang dibagi menjadi triviunz yaitu ilmu bahasa (grarru-nar), ilmu retorika dan ilmu logika, dan quadrivium yaitu ilmu hitung, geometri, musik dan astronomi. Universitas Bologna adalah universitas di Eropa Selatan, universitas lain di Eropa Utara adalah University of Paris.
Setelah ibukota. Romawi Timur, Bizantium diduduki Turki pada tahun 1453 banyak sarjana warga Romawi Timur yang pindah ke barat. Kepindahan para sarjana Romawi Timur ini menyebabkan terjadinya renaisans, jaman pencerahan lepas dari jaman kegelapan. Pengaruh gereja mulai berkurang, pendidikan skolastik yang dogmatis sedikit demi sedikit diganti oleh pendidikan yang sekular lepas dari pengaruh gereja. Dengan lepasnya pengaruh gereja, ilmu pengetahuan di Eropa cepat berkembang. Renaisans yang juga menimbulkan reformasi di kalangan agama Kristen menumbuhkan perguruan tinggi agama protestan di Marburg, Knigsberg, Jena, Helmstedt dan Altdorf.
Universitas-universitas di Eropa Barat dan Eropa Tengah mulai bertumbuhan sejak abad ke-12., Universitas Cambridge di Inggris didirikan tahun 1209. Upaya mendirikan Universitas Cambridge ini dipicu oleh adanya peperangan antara Inggris dengan Perancis, oleh karena pemuda-pemuda Inggris tidak bisa ke Universitas Paris maka orang Inggris mendirikan universitas di negerinya sendiri. Universitas Praha didirikan di Chekoslovakia pada tahun 1348, Universitas Oxford didirikan pada tahun 1379, Universitas Glasgow 1451, Universitas Aberdeen 1495, Universitas Leiden pada tahun 1575, Universitas Edinburg 1583, Universitas Groningen 1614, Atheum Illustre yang menjadi Universiteit van Amsterdam tahun 1632.
Di jaman setelah renaisans, universitas di Britania mengalami perubahan, meninggalkan tradisi universitas di daratan Eropa atau sistem kontinental. Universitas di Inggris menganut sistem residensial. Banyak perguruan tinggi di Britania sekarang ini yang merupakan lanjutan dari college kuno abad ke-13 terus bertahan melestarikan tradisi kunonya. Suatu tradisi kuno yang terus dipertahankan adalah cara bersantap bersama di dining hall. Makan di dining hall ada yang informal dan ada yang formal. Dinner pada petang hari yang dinamakan first dinner sifatnya informal, para mahasiswa dan dosen boleh berpakaian jeans dan siveater tetapi pada second dinner, yang sifatriya formal para mahasiswa dan dosen harus berbusana formal warna gelap. Tatacara makan pada second dinner, pertama-tama mahasiswa masuk lebih dahulu kemudian barulah para dosen. Sebelum bersantap, seorang petugas memukul meja dengan palu atau bisa juga meniup trompet, para mahasiswa berdiri, setelah selesainya salah seorang mahasiswa berorasi dalam bahasa Latin, barulah acara bersantap dimulai.

Advertisement
Advertisement
Filed under : Bikers Pintar,