Advertisement

Mendapatkan pendidikan sejarah sikap mahasiswa menjadi positif terhadap nasionalisme. Karena pendidikan sejarah merupakan pendidikan nilai yang memanfaatkan peristiwa sejarah maka sikap mahasiswa akan selalu berhubungan dengan nasionalisme. Tentu saja dalam menyampaikan nilai dan manfaat peristiwa sejarah kepada mahasiswa tidaklah mudah. Dibutuhkan dosen yang mampu menggambarkan secara jelas peristiwa sejarah sehingga mahasiswa betul- betul mempunyai gambaran dari peristiwa sejarah tersebut.

Gambaran yang dimiliki oleh mahasiswa akan terbayang dalam benak mahasiswa sehingga mahasiswa betul-betul menghayati dan mampu merefleksikan peristiwa sejarah yang didengarkan ke dalam kehidupan pada masa sekarang. Dilihat dari skor yang responden dapatkan ternyata jumlah kelompok yang memperoleh skor di bawah rata-rata jumlahnya sama dengan mahasiswa yang skornya berada di atas rata-rata. Hal ini bisa berarti bahwa bagi mahasiswa pendidikan sejarah akan menarik apabila penyampaiannya dilakukan secara menarik pula. Berpijak dari hasil penelitian, lingkungan keluarga mempunyai pengaruh dalam pembentukan sikap nasionalisme. Hal ini sesuai dengan kajian teoretis bahwa sikap nasionalisme mahasiswa erat kaitannya dengan lingkungan keluarganya. Lingkungan keluarga merupakan salah satu faktor dalam pembentukan sikap nasonalisme, hal ini dapat dimengerti sebab interaksi yang teqadi antar anggota keluarga merupakan hubungan antaranggota keluarga dengan lingkungan tempat individu itu berinteraksi.

Advertisement

Lingkungan keluarga sebagai suatu ekosistem yang dinamis dan adaptif dengan lingkungan yang membentuk kerjasama yang juga disebut sebagai suatu unit korporas yang di dalamnya terdapat hubungan saling bergantung. Seorang anggota keluarga seringkai tidak fungsi tanpa dukungan yang lain. Hubungan inilah yang membentuk sikap nasionalisme. Daarr opar teoretis tentang perkembangan mahasiswa yang disebut dengan dengan memfokuskan pada konteks sosai di mana mahasiswa tinggal dan orang-orang yang mempengaruhi perkembangan mahasiswa. Teori ekologi ini tera n car lima sistem lingkungan yang merentang dan r;eraksi interpersonal sampai ke pengaruh kultur yang lebih luas yang terdiri dari mikrosistem, makrosistem dan kronosistem. Berdasarkan teon Ekologi Bronfenbrenner tersebut, digambarkan hubungan antara lingkungan keluarga dan pendidikan di sekolah karrpus serta pengaruhnya terhadap sikap nasionalisme.

Berkaitan dengan teori tersebut maka dosen dapat mengajarkan sejarah kepada mahasiswa dengan cara:

(1) Memandang mahasiswa sebagai sosok yang terlibat dalam berbagai sistem lingkungan dan dipengaruhi oleh sistem-sistem tersebut Lingkungan itu antara lain sekolah dan guru, orang tua dan saudara kandung, komunitas dan tetangga, teman dan rekan sebaya, media, agama dan kultur,

(2). Memperhatikan hubungan antara sekolah dan keluarga dengan menjalin hubungan melalui saluran formal dan informal,

(3). Menyadari pentingnya komunitas, status sosioekonomi dan kultur dalam perkembangan mahasiswa. Konteks sosial yang luas ini bisa sangat memengaruhi perkembangan mahasiswa.

Incoming search terms:

  • pengaruh lingkungan dalam pendidikan sejarah
  • pengertian sejarah pendidikan dan sejarah keluarga
  • sejarah pendidikan dan keluarga
  • siapa pencetus pendidikan keluarga

Advertisement
Filed under : Bikers Health, tags:

Incoming search terms:

  • pengaruh lingkungan dalam pendidikan sejarah
  • pengertian sejarah pendidikan dan sejarah keluarga
  • sejarah pendidikan dan keluarga
  • siapa pencetus pendidikan keluarga