PENELITIAN LINTAS BUDAYA

74 views

Meskipun berbagai interpretasi dapat dihasilkan berlandaskan perbandingan di antara kebudayaan pada tingkat sejagat, dalam hal mana dipelajari perbedaan-perbedaan .antara masyarakat-masyarakat yang memiliki ciri-ciri tertentu dengan yang tidak, tetapi mungkin studi perbandingan antarkebudayaan sejagat paling banyak digunakan untuk menguji penjelasan-penjelasan. Peneliti lintas budaya, mula-mula merumuskan keadaan-keadaan yang umumnya akan ditemukan secara berkaitan jika suatu teori tertentu benar dan kemudian melihat pada sejumlah masyarakat yaitu sampel dari masyarakat seluruh dunia, untuk mengetahui apakah asosiasi yang diharapkan umumnya memang benar. Keuntungan dari penelitian lintas budaya adalah bahwa, andaikata sampel ditentukan, kurang lebih menurut cara acak, maka kesimpulan yang dihasilkan, barangkali dapat diterapkan untuk semua masyarakat. Dengan kata lain, berlainan dengan studi perbandingan wilayah yang hasil-hasilnya mungkin atau tidak mungkin diterapkan ke daerah/tempat lainnya, hasil dari studi antarkebudayaan tampaknya dapat diterapkan pada semua masyarakat dan semua wilayah.

Sebagaimana telah kita catat, semakin besar jumlah masyarakat yang diteliti dalam suatu studi, maka semakin sedikit kemungkinan bahwa si peneliti mempunyai pengetahuan terperinci tentang masyarakat yang tercakup dalam penelitiannya. Sehubungan dengan itu, jika suatu pengujian yang dilakukan secara lintas budaya tidak menunjang suatu penjelasan tertentu, maka si peneliti besar kemungkinannya tidak cukup mengenal masyarakat-masyarakat bersangkutan untuk mengetahui bagaimana menyesuaikan interpretasinya ataupun menampilkan interpretasi baru. Dalam keadaan begitu, maka dia mungkin meneliti lagi detil-detil dari satu atau lebih masyarakat tertentu dalam sampel itu untuk mendorong pemikiran yang baru tentang masalah bersangkutan. Keterbatasan yang lain dari penelitian lintas budaya, baik sebagai alat untuk menghasilkan atau maupun sebagai pengujian penjelasan, adalah bahwa yang dapat diuji hanyalah penjelasan-penjelasan untuk mana informasi-informasi yang dibutuhkan biasanya dapat diperoleh dalam etnografi.

Bila seseorang tertarik untuk merumuskan penjelasan tentang sesuatu yang belum diuraikan secara umum, maka si peneliti itu perlu menggunakan strategi ( penelitian lainnya, yang akan memungkinkannya melakukan sendiri pengum- ‘ pulan data yang diperlukannya.

Incoming search terms:

  • pengertian riset lintas budaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *