Advertisement

PENGARUH DAN CIRI-CIRI PRINSIP HIERARKIS DI JERMAN – Dalam bentuknya yang primitif, prinsip koordinasi hierarkis dapat ditemukan pada perekonomian keluarga zaman dulu dan pada keluarga petani serta pengrajin masa kini. Di dalam sistem tersebut, setiap kegiatan bisnis dari anggota kelompok dikoordinasikan oleh kepala keluarga sesuai dengan tujuan produksi keluarga serta keterampilan anggota-anggota kelompoknya. Contoh ini menunjukkan dua ciri dari prinsip hierarki, yaitu pertama, koordinasi dilakukan melalui perintah atau instruksi yang mengikat, jadi sifatnya unilateral. Kedua, bentuk hubungannya bersifat sebagai atasan dan bawahan.

Meskipun demikian, kegiatan ekonomi dalam perusahaan besar dan menengah dewasa ini juga dikoordinasikan secara hierarkis. Yaitu, kegiatan ekonomi para pekerja yang dikoordinasikan melalui instruksi yang dikeluarkan oleh bagian manajemennya. Tujuannya adalah agar target perusahaan dapat dicapai dengan cara yang terbaik. Karena perusahaan besar dan menengah mempekerjakan banyak orang dan menangani sekian banyak fungsi ekonomi, maka hampir tidak mungkin hanya satu orang yang mengkoordinasikan seluruh kegiatan tersebut. Oleh karena itu, cara mengkoordinasikannya melalui kelompok perorangan dalam bentuk perintah, pengarahan dan pengontrolan.

Advertisement

Contoh di atas menggambarkan koordinasi di dalam suatu badan perekonomian. Namun, perlu diingat bahwa ekonomi kekeluargaan zaman dulu merupakan badan domestik tertutup dengan hubungan pasar yang terbatas. Yang dikoordinasikan secara otoritarian dalam kondisi tersebut hanyalah pelaksanaan fungsi ekonomi dalam badan itu sendiri. Bila aktivitas perekonomian yang telah diperluas dengan bidang hukum, sosial, dan perekonomian dilaksanakan secara terpisah, dan bila sebagian besar perekonomian nasional atau seluruh perekonomian nasional dilaksanakan secara hierarki. Maka akan memberikan gambaran yang lain, yang mengandung permasalahan koordinasi dari prinsip hierarki.

Incoming search terms:

  • àrti sifãt konkrit inteģrătif dan herarkis pembelajaràn di sd

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • àrti sifãt konkrit inteģrătif dan herarkis pembelajaràn di sd