Advertisement

Kita telah membahas bagaimana pengaruh penuaan kreativitas . Beberapa studi menunjukkan bahwa sebaliknya juga terjadi : kreativitas pengaruh penuaan dan umur panjang . Sebagai contoh, Lindauer menemukan bahwa banyak seniman besar hidup lebih lama daripada populasi umum . Studi lain menemukan bahwa orang yang menghadiri acara kreatif lainnya ( kreativitas perwakilan ) telah memperpanjang umur panjang . Penelitian ini dilakukan di Swedia lebih dari 12.000 orang menemukan bahwa mereka yang lebih aktif secara kultural cenderung hidup lebih lama mereka yang kurang budaya . Para penulis mengukur aktivitas budaya dengan menghitung laporan menghadiri acara-acara seperti drama dan konser , dan mengunjungi lembaga-lembaga seperti museum dan galeri seni . Peserta diwawancarai dan kemudian tingkat kelangsungan hidup mereka dimonitor selama 8 tahun ke depan . Dikendalikan selama delapan faktor pembaur yang mungkin termasuk jaringan sosial , pendapatan , dan penyakit jangka panjang penulis .

Beberapa faktor dapat berkontribusi untuk masa hidup diperpanjang seniman dicapai dijelaskan oleh Lindauer dan Swedia yang berpartisipasi dalam kegiatan kreatif . Ketika individu bervariasi lingkungan mereka dan menerima informasi baru mereka cenderung menjadi lebih sadar . Dua studi menunjukkan bahwa peningkatan kesadaran dapat berkontribusi untuk meningkatkan umur panjang . Langer dan Judith Rodin menemukan bahwa peningkatan kesadaran dari penghuni panti jompo , dengan memberi mereka kontrol lebih besar atas kegiatan seperti ketika menghadiri film , memperpanjang rentang hidup mereka . Dalam studi lain, Langer dan rekan-rekannya mendorong penghuni panti jompo untuk mengumpulkan informasi tentang lingkungan mereka dengan meminta mereka untuk mengetahui informasi seperti nama-nama perawat . Dua setengah tahun kemudian , hanya 7 % dari kelompok ini telah meninggal dibandingkan dengan sekitar 30 % dari kelompok pembanding .

Advertisement

Selain itu, secara langsung atau dialami sendiri mengalami emosi seni dapat menyebabkan ventilasi kecemasan dan gairah emosional . Untuk meneliti efek kesehatan mengekspresikan emosi , James Pennebaker telah melakukan serangkaian penelitian . Dalam satu studi yang menemukan bahwa ketika mahasiswa diminta untuk menulis tentang peristiwa traumatis selama 15 menit pada 4 hari berturut-turut , mereka secara signifikan mengurangi jumlah mereka dari kunjungan ke pelayanan kesehatan mahasiswa dan menunjukkan peningkatan fungsi kekebalan tubuh atas orang mahasiswa diminta untuk menulis tentang topik dangkal seperti jenis sepatu yang mereka kenakan .

Kreativitas juga dapat meningkatkan struktur otak , bahkan di kemudian hari . Berlian menunjukkan bahwa tikus yang lebih tua terkena lingkungan yang kompleks dengan mainan yang menantang di kemudian meningkatkan kemampuan mereka untuk memecahkan labirin dan menunjukkan berbagai jenis pertumbuhan sel-sel otak . Juga , PET scan menunjukkan peningkatan aliran darah ke otak selama periode pemikiran kreatif . Dan tingkat neurotransmitter serotonin meningkat dengan kegiatan kreatif memuaskan . Kegiatan lebih kreatif terlibat dalam , pada usia berapa pun , lebih baik dari satu mungkin .

Sementara banyak penelitian dan teori-teori kreativitas fokus pada pemuda, Life Span Pembangunan Model dan karir intrapersonal analisis mengungkapkan kreativitas yang terus dan perubahan dalam isi dan gaya . Dengan beruban penduduk dunia , kita harus melihat peningkatan bersejarah di kreativitas pada orang tua karena meningkatnya jumlah seniman tua dan umur mereka mengevaluasi seni . Evaluasi kebanyakan orang dari mereka yang dengan siapa mereka berbagi beberapa aspek identitas , apakah itu usia , cenderung lebih menguntungkan daripada evaluasi mereka dari mereka yang tidak berkualitas bersama ini. Ini konteks perubahan kreativitas dalam beberapa dekade mendatang akan memberikan banyak contoh penuaan artis yang akan memperkuat teori tentang bagaimana kreativitas berkembang dengan waktu .

Advertisement