Advertisement

Salah satu cara menghilangkan komponen-komponen terlarut tersebut adalah dengan mengalirkan air yang telah diolah melalui lapisan karbon aktif. Komponen-komponen organik yang terlarut akan diadsorbsi pada permukaan karbon aktif dan terpisah dari air. Karbon yang sekarang banyak digunakan berbentuk butiran (granular) atau berbentuk bubuk(tepung). Karbon yang berbentuk bubuk memerlukan waktu kontak lebih sebentar dibandingkan karbon berbentuk butiran, tetapi karbon bentuk bubuk lebih sukar ditangani. Karbon berbentuk butiran dapat diaktifkan kembali untuk digunakan selanjutnya, yaitu dengan cara memanaskan di dalam pembakar (furnace) ganda. Selama reaktivasi terjadi kehilangan karbon sebanyak kira-kira 5%.

Jika digunakan karbon berbentuk bubuk, bubuk tersebut dapat dimasukkan langsung ke dalam air. Komponen-komponen organik akan teradsorbsi pada karbon, kemudian dapat dipisahkan dengan menggumpalkan menggunakan bahan kimia tertentu. Efisiensi dari proses ini tergantung dari pengembangan metode yang efektif untuk regenerasi bubuk karbon yang telah digunakan supaya dapat digunakan kembali.

Advertisement

Fosfor yang merupakan nutrien tanaman dapat dihilangkan dari air dengan cara pengendapan. Teknik ini dapat diterapkan sebagai suatu tahap terpisah dalam penanganan air limbah. Dua cara kimia yang biasa digunakan untuk mengendapkan fosfor, yaitu penambahan kapur (CaO) sehingga air menjadi bersifat alkali dan fosfor dapat mengendap, dan cara lain adalah dengan penambahan metal hidrokside. Pada kedua cara tersebut fosfor anorganik (sebagai fosfat) diendapkan sebagai garam fosfat tidak larut dengan kation-kation seperti Fe+3, Al+3 atau Ca+2, dan komponen fosfor organik diadsorbsi pada endapan (floe) hidrokside yang terbentuk dari kation tersebut dalam larutan alkali. Lumpur yang dihasilkan dapat dikumpulkan dan diberi perlakuan untuk regenerasi bahan pengendap tersebut.

Nitrat yang juga merupakan nutrien tanaman tidak dapat dihilangkan dengan cara yang sama dengan fosfat karena kebanyakan nitrat bersifat larut air. Untuk menghilangkan nitrat dapat dilakukan proses secara biologis.

Incoming search terms:

  • pengendepan fosfor

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengendepan fosfor