Yang artinya pembebasan, salah satu organisasi pejuang kemerdekaan bangsa Palestina yang berada di bawah naungan Organisasi Pembebas­an Palestina (Palestine Liberation Organization— PLO). Organisasi ini sebenarnya merupakan salah satu cikal bakal PLO. Karena berjuang untuk kemerde­kaan bangsa Palestina, Al Fatah kemudian dikenal se­bagai Front Pembebasan Nasional Palestina sejak ber­dirinya tahun 1957. Organisasi ini mempunyai hu­bungan dekat dengan Gerakan Persaudaraan Muslim (Muslim Brotherhood). Al Fatah dipimpin secara pro­fesional oleh Yasser Arafat, seorang pengusaha suk­ses yang mengundurkan diri dari dunia usaha Kuwait, semata-mata untuk mengabdikan diri bagi perjuang­an kemerdekaan Palestina. Sebagai organisasi per­juangan, Al Fatah mengambil sikap pragmatis dengan menegaskan bahwa doktrin partai dapat berubah se­suai dengan pengalaman yang terus berkembang. Tu­juan utama organisasi ini berkisar pada penyelesaian masalah Palestina secara damai dan pada pembentuk­an suatu negara Demokrasi Palestina yang terdiri atas wilayah Palestina.

Sebelum tahun 1968, Al Fatah kurang dikenal du­nia internasional. Namun sejak melakukan kontak senjata dengan Israel dalam perang yang kemudian dikenal dengan Perang Karameh tanggal 21 Maret 1968, Al Fatah dituntut untuk melakukan pembenah­an dan pengembangan diri sebagaimana layaknya suatu organisasi perjuangan yang profesional. Sejak saat itu, Al Fatah mulai mengadakan perekrutan se­cara besar-besaran, apalagi dengan mulai mengalir­nya bantuan berupa uang dan persenjataan daiam jumlah besar dari negara-negara yang bersimpati ke­pada perjuangan kemerdekaan Palestina. Di samping memiliki sekolah-sekolah dan rumah-rumah sakit, organisasi ini mempunyai kamp-kamp latihan untuk perang gerilya yang dibangun di dalam dan sekitar kamp pengungsi. Mereka juga mempunyai dana pen­siun yang besar untuk para anggotanya. Untuk meng­gemakan perjuangannya, Al Fatah mendirikan sta­siun-stasiun pemancar radio dan pusat-pusat peneli­tian, perencanaan, dan informasi di Damaskus dan Beirut, di samping juga membangun kantor-kantor anggota, Yasser Arafat kembali dikukuhkan sebagai pemimpin organisasi ini didampingi oleh Sekretaris Jenderal Farouk Kaddoumi.

Sebagai bagian PLO, Al Fatah merupakan organi­sasi terbesar. Di samping itu, Al Fatah merupakan organisasi pejuang Palestina yang paling bisa diteri­ma oleh negara-negara Arab, terutama karena wawas­annya yang terbuka, pragmatis, dan tidak terlalu ekstrem. Oleh karena itu, tidak mudah memungkiri pendapat para pengamat masalah Timur Tengah yang mengatakan bahwa sumbangan Al Fatah bagi berdi­rinya negara Palestina di pengasingan, yang diprokla­masikan pada penghujung tahun 1988, sangat besar.perwakilan di negara lain, seperti di Yordania dari Sudan. Setelah Perang Arab-Israel tahun 1973, dampak kberadaan Al Fatah untuk kepentingan perjuangan bangsa Palestina mulai dirasakan. Sejak sari itu, pe­mimpin Al Fatah, Yasser Arafat dipercayai du­nia internasional sebagai wakil satu-satunya untuk ber­bicara atas nama bangsa Palestina. Kesempatan per­tama untuk berbicara diperoleh Yasser Arafat pada pertemuan puncak negara-negara Arab pada tahun 1973 di Aljazair. Yasser Arafat sendiri menjadi pe­mimpin PLO. Pada sidang Komite Al Fatah tahun 1980 yang dihadiri oleh 350 anggota, Yasser Arafat kembali dikukuhkan sebagai pemimpin organisasi ini didampingi oleh Sekretaris Jenderal Farouk Kad- doumi.

Sebagai bagian PLO, Al Fatah merupakan organi­sasi terbesar. Di samping itu, Al Fatah merupakan organisasi pejuang Palestina yang paling bisa diteri­ma oleh negara-negara Arab, terutama karena wawas­annya yang terbuka, pragmatis, dan tidak terlalu ekstrem. Oleh karena itu, tidak mudah memungkiri pendapat para pengamat masalah Timur Tengah yang mengatakan bahwa sumbangan Al Fatah bagi berdi­rinya negara Palestina di pengasingan, yang diprokla­masikan pada penghujung tahun 1988, sangat besar.

Incoming search terms:

  • arti kata dari al fattah adalah

Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti kata dari al fattah adalah