PENGERTIAN ANAK MANUSIA MENURUT ALKITAB – Ungkapan yang biasa dipakai oleh Yesus, sering kali dalam semua Injil, tetapi tidak terdapat di tempat lain dalam PB (kecuali Kis. 7:56, dan Why. 1:13). Dalam bahasa Yunani merupakan suatu terjemahan yang aneh dari kata Aram: bar nasha = Ibrani: ben aram. Dalam PL ungkapan ini adalah sapaan Allah kepada Nabi *Yehezkiel dan dalam Mzm. 8 digunakan untuk umat manusia pada umumnya, sebagai yang terutama dalam seluruh ciptaan. Dalam Dan. 7:13 dst. ungkapan ini dipakai untuk umat Israel, yang dipertentangkan dengan ‘binatang’, yang adalah simbol dari *bangsa-bangsa *bukan Yahudi. Lebih kemudian dalam *Perumpamaan-perumpamaan Henokh, Anak Manusia adalah tokoh supranatural, pelaksana *keselamatan dan *penghakiman.

Dalam sekian banyak perdebatan dike-mukakan bahwa istilah Anak Manusia ini oleh Yesus tidak dipakai untuk menunjuk pada diri-Nya sendiri dan bahwa gelar ini dikenakan pada Yesus oleh Gereja pasca *kebangkitan. Tetapi, kenyataan bahwa istilah ini tidak dipakai di luar Injil-injil dianggap sebagai petunjuk juga bahwa sebutan Anak Manusia itu dianggap suci sebagai ucapan Yesus sendiri. Para ahli lain ingin membedakan perkataan Yesus yang menunjuk pada kehidupan-Nya kini dan kematian-Nya segera dari perkataan-Nya yang menantikan kerajaan yang akan datang dan kedudukan Anak Manusia di dalamnya. Banyak ahli Jerman berpendapat ,bahwa ‘Anak Manusia’ hanya dapat-mempunyai arti apokalyptis, dan adalah bagian dari penantian masa depan dari Yesus. Ucapanucapan yang tidak termasuk dalam kerangka ini adalah berasal dari Gereja. Namun, masih ada pandangan lain yang kian diterima, yaitu bahwa Yesus memang menggunakan istilah itu dan dengan itu menunjuk kepada diri-Nya sendiri, tetapi istilah Anak Manusia itu adalah suatu ungkapan yang sulit, tidak langsung, sengaja membingungkan, yang mau mengatakan, ‘Aku, yaitu manusia seperti Aku ini.’ Injil Matius jelas mengartikan ‘Anak Manusia’ itu Yesus, karena ia kadang-kadang mengganti ‘Anak Idanusia’ dengan ‘Aku’ (Mat. 10:32 sebagai ipmati Mrk. 8:38). Bagi Matius, ‘Anak Manu-aii itu adalah jelas kehormatan khusus. lesus bukanlah seorang manusia biasa ildat. 16:13) dan apabila masa *penderitaa Yesus selesai (‘mulai sekarang’, Mat. 111:64) Anak Manusia itu dinobatkan. Pandangan seperti itu mempertahanhe keaslian dari perkataan Yesus untuk kkai, sementara ungkapan apokalyptik menyatakan kemuliaan Anak Manusia pang akan datang adalah berasal dari Cereja sebagai bagian dari interpretasi geisten terpenting.

Filed under : Biker Religious,