PENGERTIAN ANALOGI MENURUT ALKITAB

56 views

PENGERTIAN ANALOGI MENURUT ALKITAB – Banyak analogi digunakan dalam Alkitab sebagai cara menjelaskan sesuatu dimgan menggunakan kasus-kasus yang aejaiar. Karena itu, ‘analogi’ merupakan

bermakna jamak, yang meliputi kiasan, asetafora, *tipologi dan alegori. Ketika lrulus menyebut Kristus sebagai ‘*batu iarang’ (1Kor. 10:4), ia menggunakan berita dialam Bil. 20:11 tentang air yang memansar keluar dari sebuah batu karang. Orangsang Yahudi abad pertama M percaya bahera. entah bagaimana, batu karang supramatural telah menyertai umat Israel dalam perjalanan mereka melintasi *padang guran, bersama dengan *awan misterius. Paulus menerapkan kepercayaan ini meiatui analogi Kristus sebagai batu karang yang memberi kehidupan kepada umatlkiya. Analogi antara tidur dan mati ditemukan dalam 1Tes. 5:10.

Bagi Thomas Aquinas, seorang filsuf Abad Pertengahan, konsep analogi adalah kandamental sebagai wahana yang dapat dimengerti untuk menunjukkan hubungan antara Allah dan manusia. Terdapat sifatsifat Allah yang serupa, tetapi tidak sama dengan sifat-sifat manusia, seperti halnya jika kita berbicara mengenai kasih Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *