Advertisement

Pada prinsipnya, ancaman atau insentif negatif bekerja seperti insentif positif. Salah satu cara agar orang melakukan tindakan yang tidak disukai adalah dengan mengancam mereka dengan hukuman. Jika mereka tidak membayar pajak pemasukan atau tidak mengerjakan pekerjaan rumah, mereka akan dihukum. Ancaman juga digunakan untuk mencegah orang melakukan sesuatu. Tingkat kekerasan hukuman sangat bervariasi. Mereka mungkin mendapat teguran ringan, tidak mendapat kue, didenda Rp 100.000,— , dipenjara selama lima tahun, atau bahkan dihukum mati. Dengan berasumsi bahwa ancaman hukuman cukup kuat untuk menghasilkan perilaku yang diinginkan atau menekan perilaku yang salah, ancaman yang lebih besar akan menghasilkan sedikit perubahan sikap. Dalam eksperimen yang dilakukan Aronson dan Carlsmith (1963) dan Freedman (1965) kepada anak-anak diperlihatkan sekelompok mainan dan kemudian mereka dilarang untuk bermain dengan salah satu dari mainan itu. Mereka diancam dengan hukuman ringan atau dengan hukuman keras bila mereka bermain dengan mainan tersebut. Dalam keadaan ini, bila mereka patuh dan tidak bermain dengan mainan itu, disonansi akan muncul. Sikap “saya ingin bermain dengan mainan itu” tidak sesuai dengan perilaku tidak bermain dengan mainan tersebut. Di lain pihak, perilaku tidak bermain dengan mainan itu sesuai dengan ancaman hukuman yang dirasakan. Oleh karena itu, semakin kurang tingkat kekerasan ancaman, semakin banyak disonansi yang ditimbulkan.

Jika anak-anak itu tidak bermain dengan mainan tersebut, kita dapat menduga bahwa disonansi akan menimbulkan beberapa per-ubahan dalam sikap mereka terhadap mainan itu. Cara yang tepat untuk mengurangi disonansi adalah dengan memutuskan bahwa mainan itu tidak menarik. Hal ini akan makin mengurangi disonansi antara sikap dan perilaku mereka. Semakin besar disonansi yang timbul, semakin banyak perubahan dalam hal ini yang akan terjadi. Dan karena semakin besar ancaman, semakin kurang disonansi yang timbul, maka semakin banyak perubahan sikap yang terjadi dengaii ancaman yang lebih rendah. Jadi, anak-anak itu akan mengalami perubahan sikap yang lebih banyak bila ancaman ringan yang dipergunakan untuk mencegah mereka bermain dengan mainan tersebut daripada bila ancaman keras yang dipergunakan.

Advertisement

Dalam eksperimen ini, tidak ada satu pun anak yang bermain dengan mainan itu, tanpa mempedulikan apakah mereka diancam dengan hukuman ringan atau hukuman keras, karena kedua ancaman itu cukup kuat untuk mencegah mereka. Dalam dua penelitian, anak menilai kembali mainan tersebut pada saat itu atau diberi kesempatan lain untuk bermain dengan mainan itu beberapa minggu kemudian. Dapat dilihat bahwa anak-anak itu semakin mengurangi evaluasi mereka terhadap mainan yang dilarang dan semakin kecil kemungkinan untuk bermain dengan mainan ini dalam kondisi ancaman ringan dibandingkan dalam kondisi ancaman keras. Ketidaksesuaian yang lebih besar dalam kondisi ancaman ringan dikurangi dengan menurunkan nilai mainan itu atau memutuskan bahwa bermain dengan mainan itu merupakan sesuatu yang salah.

Kondisi Lain bagi Disonansi. Kita telah mengenali dua situasi umum di mana perilaku kita dapat mengubah sikap kita: pengambilan keputusan dan melakukan perilaku-yang-tidak-sesuai-dengan-sikap. Perubahan sikap tergantung pada besarnya disonansi, dan teori disonansi menetapkan kondisi di mana disonansi yang lebih besar atau yang lebih kecil akan timbul. Dua dari kondisi ini adalah insentif positif minimal atau ancaman minimal. Faktor-faktor lain apakah yang diperlukan untuk terjadinya perubahan sikap yang mengurangi ketidaksesuaian?

Incoming search terms:

  • ancaman aronson
  • insentif negatif
  • apa itu insentif negatif
  • contoh insentif positif dan negatif
  • definisi ancaman
  • definisi arti dari ancaman
  • insentif negatif pada perusahaan
  • positif dan negatif perilaku insentif

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • ancaman aronson
  • insentif negatif
  • apa itu insentif negatif
  • contoh insentif positif dan negatif
  • definisi ancaman
  • definisi arti dari ancaman
  • insentif negatif pada perusahaan
  • positif dan negatif perilaku insentif