Advertisement

Berkembang di sebagian Amerika Selatan dan Amerika Tengah pada jaman sebelum kedatangan Columbus. Kebudayaan suku Maya ini berkembang dari abad ke-1 SM sampai dimulainya penanggalan Masehi. Peninggalan tertua sebagai bukti bahwa daerah selatan ini pernah didiami suku bangsa Maya, ditemukan berupa gua-gua berisi runtuhan alat-alat rumah tangga di pinggiran kota Guatemala.

Sebagian besar bangunan yang berjumlah lebih dari 200 di Kaminaljuyu tempat peninggalan purbakala suku bangsa Maya di pinggir barat daya kota Guatemala dibangnn pada masa itu. Yang terbesar di antaranya adalah batu berbentuk piramid yang tingginya lebih dari 26 meter dengan dua ruang makam di dalamnya. Tubuh raja diletakkan di atas panggung kayu di pusat salah satu ruang makam. Mayat ini dikitari tubuh-tubuh lain yang diduga adalah jenazah orang-orang yang dikurbankan untuk mengawal rajanya menempuh perjalanan ke dunia lain. Di dalam ruang ini juga ditemukan hiasan dari batu-batu berharga, tulang dan kulit kerang, serta barang pecah-belah yang menunjukkan peradaban kala itu.

Advertisement

Reruntuhan Uaxactun adalah peninggalan di daerah Maya bagian tengah yang umurnya lebih muda. Salah satu bangunannya berupa pelataran bekas kaki Icuil berbentuk piramid bertangga terpancung dengan tampak muka berhias. Bangunan ini didirikan sekitar tahun 250. Peninggalan semacam ini ditemukan juga di daerah Maya bagian utara.

Pada Jaman Klasik, tahun 300 500, peradaban suku bangsa Maya di daerah tengah mengalami puncak kejayaan. Arsitekturnya berkembang dengan adanya peningkatan mutu bangunan. Salah satu cirinya adalah dikembangkannya bangunan batu beratap lengkung dari batu yang sebagian besar merupakan bangunan suci seperti kuil atau biara. Kuil di Tikal yang tingginya mencapai sekitar 88 meter adalah kuil tertinggi. Biara dalam kebudayaan Maya kadang-kadang mencakup area yang sangat luas sehingga menyerupai kota, dan lebih cocok disebut tempat pusat upacara keagamaan dilangsungkan. Namun antara tahun 800 dan 950, pusat upacara keagamaan tersebut satu per satu dilupakan dan ditinggalkan orang.

Advertisement