Advertisement

ABU SIMBEL ialah dua kuil Mesir kuno yang dibangun pada bukit padas dekat Sungai Nil di selatan Mesir. Kiraun Ramses II membangun kedua kuil ini pada tahun 1200 SM.

Bagian yang merupakan pintu masuk dipahat pada dinding bukit batu. Di dalam bukit batu dibuat ruang utama, tempat orang Mesir melakukan upacara keagamaan. Panjang bagian bangunan yang disebut Kuil Agung sebesar 61 meter. Di depan pintu masuk dibangun tempat buah patung Ramses II masing-masing setinggi 20 m. Dan di depan pintu masuk kuil yang lebih kecil, dipahat dua patung Ratu Nefertari, permaisuri Ramses II.

Advertisement

Kuil kecil digunakan untuk menghormati Hator serta Permaisuri Nefertari yang dianggap sebagai seorang dewi. Kuil yang besar atau Kuil Agung dipakai untuk menyembah patung dewa Ptah, Amon-Re, patung raja Ramses II, dan Re-Harakhti, dewa matahari. Namun semua upacara keagamaan dalam Kuil Agung lebih banyak ditujukan kepada Re- Harakhti. Letak patung ini dalam kuil diatur sedemikian sehingga kepalanya yang bermahkota bulat menerima cahaya matahari yang pertama pada saat terbit matahari.

Ketika pemerintah Mesir membangun bendungan Aswan, terbentuklah danau buatan Nasser. Karena menyadari bahwa danau buatan ini dapat menenggelamkan Abu Simbel.

Incoming search terms:

  • kuil abu simbel

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • kuil abu simbel