Advertisement

ADIL, yang diterbitkan di Surakarta, adalah satu di antara dua media pers di Indonesia yang terbit sebelum Perang Dunia II dan masih bertahan hingga sekarang (1988). Media yang lain adalah Panyebar Semangat yang berbahasa Jawa dan terbit di Surabaya. Keduanya didirikan satu dasawarsa sebelum Perang Dunia II. Dengan demikian, umurnya mencapai lebih dari setengah abad, walaupun pernah terputus terbit pada masa pendudukan Jepang.

Media ini muncul pertama kali pada tanggal 1 Oktober 1932. Adil yang berubah-ubah bentuk antara surat kabar dan majalah merupakan sarana dakwah Islam dari kalangan Muhammadiyah. Selama tiga tahun pertama pemunculannya, penerbitan ini dipimpin oleh Moeljadi Djojomartono sebagai pemimpin umum dan Sjamsuddin Sutan Makmur sebagai pemimpin redaksi, yang kelak masing-masing menjadi Menteri Sosial dan Menteri Penerangan dalam pemerintahan Presiden Soekarno. Adil mula-mula terbit sebagai harian pagi dengan oplag hanya 500 eksemplar. Prakarsa penerbitan ini merupakan keputusan Muktamar Muhammadiyah ke-21 tahun 1932 di Makasar (Ujungpandang).

Advertisement

Sejak tahun 1935 pemimpin redaksi dijabat oleh Haroen al-Rasjid, sebelum ia dibuang oleh pemerintah Hindia Belanda ke Boven Digoel (Tanah Merah) di Irian Jaya. Penggantinya ialah Soerono Wirohar- djono, yang memulai kariernya di bidang penerbitan sebagai korektor. Di bawah pimpinan Soerono, harian ini kemudian diubah menjadi majalah mingguan. Seperti semua media pers yang terbit sebelum perang, Adil ditutup ketika Jepang menduduki negeri ini.

Adil baru dapat diterbitkan kembali tahun 1950, sesudah pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda, dan tetap dipimpin oleh Soerono. Pada tahun 1970-an, pimpinan redaksi beralih kepada Ichwan Dardiri selama empat tahun. Dalam pimpinannya, penerbitan ini berubah bentuk lagi dari majalah menjadi surat kabar yang muncul dua kali seminggu. Sesudah itu, Adil hanya dapat terbit dua kali dalam sebulan ketika pimpinan beralih lagi kepada Soerono. Pada tahun 1988, Soerono yang telah berusia 77 tahun masih melanjutkan penerbitan ini.

Incoming search terms:

  • apa pengertian dari perang adil?

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • apa pengertian dari perang adil?