Advertisement

ANALISIS DAMPAK LINGKUNGAN, yang sering disingkat menjadi ANDAL, adalah telaahan dan hasil telaahan yang cermat dan mendalam tentang dampak (yang diduga penting) suatu kegiatan. Kegiatan itu direncanakan terhadap lingkungan hidup dan diperlukan bagi proses pengambilan keputusan. Apabila dampaknya tidak penting, telaahan cukup dibuat secara garis besar, berupa rencana kegiatan, rona lingkungan, kemungkinan timbulnya dampak dan rencana terhadap pengelolaannya, serta telaahan dan hasil telaahannya. Semuanya itu merupakan Penyajian Informasi Lingkungan (PIL). Kalau kegiatan sudah berjalan, ada dampak, tetapi belum pernah dibuat PIL atau ANDALnya, perlu disusun Penyajian Evaluasi Lingkungan (PEL), dan kalau dampaknya penting, perlu disusun Studi Evaluasi LingkiAigan.

Rencana kegiatan diajukan pemrakarsa, yang harus jelas identitasnya, untuk memperoleh persetujuan. Dalam melaksanakan studi dan menyusun dokumen PIL, ANDAL, PEL, atau SEL, pemrakarsa (dapat) dibantu oleh penyusun ANDAL yang jelas kualifikasi dan rujukannya.

Advertisement

Proses penyusunan ANDAL dilakukan pertama kali dengan cara mengumpulkan data dan informasi rencana kegiatan dan rona lingkungan awal. Tahap berikutnya dibuat proyeksi perubahan rona lingkungan awal sebagai akibat adanya rencana kegiatan, penentuan dampak penting terhadap lingkungan yang ditimbulkan rencana kegiatan, dan evaluasi dampak penting terhadap lingkungan. Terakhir, dibuat rekomendasi/saran tindak untuk pengambil keputusan, perencana, dan pengelola lingkungan. Rekomendasi itu berupa alternatif kegiatan dan rencana pengelolaan serta pemantauan lingkungan.

Isi ANDAL. Menurut lampiran 111 SK Menteri Negara K LH No. Kep-50/MNKLH/6/l987, 4 Juni 1987, ANDAL perlu berisi ringkasan, pendahuluan, rencana kegiatan, rona lingkungan hidup awal, perkiraan dampak penting, evaluasi dampak penting, bahan pustaka, dan lampiran. Ringkasan memuat uraian singkat rencana kegiatan, upaya pengelolaan dan pemantauan lingkungan. Bagian Pendahuluan mencakup ruang lingkup studi dan metodologi. Rencana kegiatan menerangkan masalah kegunaan, komponen kegiatan dengan tahap prakonstruksi, konstruksi, dan pasca-konstruksi. Rona lingkungan hidup awal menjelaskan data iklim, fisiografi, hidrologi, ruang/lahan/tanah, flora, fauna, serta sosial ekonomi dan budaya. Perkiraan dampak penting mengulas isi Rona lingkungan, dan Evaluasi dampak penting berisi alternatif pendekatan ekonomi, teknologi dan institusional serta alternatif pengelolaan dan pemantauan lingkungan.

Bagian cukup penting dan sulit dalam studi ANDAL adalah metode pendugaan dampak. Dasar berbagai metode sama, tetapi penekanannya berbeda. Suatu metode mungkin baik untuk menduga dampak satu kegiatan, tetapi belum tentu sejsuai untuk kegiatan lain. I.ima dari sekitar 30 metode yang lazim digunakan adalah metode matriks, penumpukan pct. analisis jaringan (network analysis), analisis peroleha (incidence analysis), serta metode analisis dan penge lolaan kualitas lingkungan.

Metode matriks terdiri atas dua daftar, daftar rencana kegiatan yang disusun tegak lurus dan daftar rona awal lingkungan yang disusun mendatar. Pada pertemuan kolom mendatar dan tegak lurus diterangkan dampak yang terjadi. Salah satu metode matriks terkenal adalah metode matriks Leopold yang mengetengahkan besar dampak negatif dan pentingnya dampak. Dampak total dapat dilihat dari jumlah dani pak masing-masing kegiatan dan dampak masing- masing komponen lingkungan. Metode penumpukan peta menganalisis berbagai komponen rona awal dan rencana kegiatan dalam bentuk peta yang dapat dirubah dan dipindahkan. Dari penumpukan itu terlihat dampak satu komponen terhadap komponen lainnya. Metode ini disebut juga overlay. Metode analisis jaringan pada dasarnya merupakan analisis sebab- akibat dan dampak. Metode ini dikembangkan oleh Sorensen.

Metode analisis perolehan adalah metode yang menganalisis siapa yang memperoleh dan menerima risiko suatu kegiatan. Dalam metode analisis dan pengelolaan kualitas lingkungan dilakukan dua tahap penting. Pertama kali diadakan pendugaan tentang perubahan kualitas lingkungan komponen sistem yang penting. Setelah itu seluruh bagian dengan perubahan kualitas yang terjadi disintesiskan sebagai dampak kegiatan yang direncanakan. Dengan demikian perubahan kualitas komponen ke arah buruk dapat dipertimbangkan, apakah ia merupakan kompensasi dari perubahan kualitas komponen lain yang lebih baik. Selain itu, yang penting adalah peluang dan prioritas pengelolaan rona lingkungan yang terkena.

Kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup bagi kesehatan keluarga seha rusnya dimulai dari para ibu. Namun, di banyak kota besar, situasi dan kondisi menyebabkan mereka berbuat lain. Sebuah pemandangan di tepian Ciliwung, sungai yang melintas kota Jakarta.

Incoming search terms:

  • pengertian dampak lingkungan
  • definisi dampak lingkungan
  • arti dampak lingkungan
  • Isi AMDAL tentang perkiraan dampak penting mengulas tentang
  • isi andal
  • isi amdal tentang prakiraan dampak penting mengulas tentang
  • arti dampak penting lingkungan
  • definisi mengenalisis dampak lingkungan
  • rona lingkup awal sosial dan ekonomi
  • definisi menganalisis dampak lingkungan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian dampak lingkungan
  • definisi dampak lingkungan
  • arti dampak lingkungan
  • Isi AMDAL tentang perkiraan dampak penting mengulas tentang
  • isi andal
  • isi amdal tentang prakiraan dampak penting mengulas tentang
  • arti dampak penting lingkungan
  • definisi mengenalisis dampak lingkungan
  • rona lingkup awal sosial dan ekonomi
  • definisi menganalisis dampak lingkungan