Advertisement

ANARKISME

Inggris: anarchism. Kata ini dari bahasa Yunani a (tidak, tidak ada, tidak ingin) dan archos (kepala, pemerintah, pengatur, penanggung jawab). Kata-kata Yunani anarcbos, anarchta (tidak ada pemerintahan, tanpa pemerintahan).

Advertisement

Dua Macam Konotasi

Dalam konotasi positif, anarkisme merupakan ideologi sosial yang tidak mau menerima pemerintahan yang berkuasa otoriter. Anarkisme berpendapat bahwa individu-individu akan mengorganisasikan dirinya dengan caranya sendiri supaya memenuhi kebutuhan-kebutuhan dan cita-citanya. Dalam pengertian ini anarkisme tidak identik dengan nihilisme, tetapi dapat dianggap memiliki kesamaan-kesamaan dengan libertarianisme politik dan antinomianisme.

Dalam konotasi negatil, anarkisme merupakan keyakinan yang tidak menghargai sedikit pun hukum atau tatanan dan secara aktif terlibat dalam meningkatkan situasi khaos dengan menghancurkan tatanan masyarakat. Paham ini menganjurkan penggunaan terorisme perorangan sebagai sarana untuk memporakporandakan organisasi dan politik. Ideologi ini dapat dicari dasar-dasar filosofisnya pada individualisme, dan voluntarisme. Bangkitnya ajaran ini dapat dihubungkan dengan nama Schmidt, Proudhon, Bakunin. Anarkisme ini pernah bersebar luas di Italia, Perancis, Spanyol pada abad ke-19.

Advertisement