Advertisement

ANEUK JAMEE adalah suku bangsa yang berdiam di pantai bagian barai Daerah Istimewa Aceh di Kecamatan Tapak Tuan, Samadua, Susoh, dan Labuhan Haji. Semua kecamatan itu termasuk wilayah administratif Kabupaten Aceh Selatan.

Nama aneuk jamee secara harfiah berarti “anak tamu”. Orang Aneuk Jamee pada mulanya adalah orang Minangkabau, antara lain dari daerah Rao, Pariaman, Lubuk Sikaping, dan Pasaman, yang menjadi pendatang (tamu) di daerah tersebut. Mereka berasimilasi dengan anggota masyarakat Aceh setempat. Proses asimilasi itu rupanya tidak mengalami hambatan, antara lain karena persamaan agama. Gelombang migrasi orang Minangkabau ke daerah ini konon sudah dimulai sejak abad ke-17. Akhirnya anggota masyarakat ini tidak lagi merasa sebagai orang Minangkabau atau orang Aceh dan mereka mengaku sebagai orang Aneuk Jamee, dengan bahasa dan budaya tersendiri. Dilihat dari segi bahasa, kosa kata bahasa Aneuk Jamee yang berasal dari bahasa Minangkabau memang lebih dominan daripada kosa kata bahasa Aceh. Sekarang mereka sudah dianggap sebagai salah satu suku bangsa asal di daerah Aceh.

Advertisement

Jumlah pendukung kebudayaan Aneuk Jamee ini agak sulit untuk diketahui secara pasti. Suku bangsa ini tidak disebut dalam sensus tahun 1930, yang menghitung jumlah penduduk di Indonesia berdasarkan kesukubangsaan. Mungkin mereka dicatat sebagai orang Minangkabau. Akan tetapi menurut data tahun 1977 tentang penduduk empal kecamatan tersebut di atas, suku bangsa yang dominan adalah orang Aneuk Jamee, yakni berjumlah 62.588 jiwa. Jumlah ini berarti hampir 24 persen dari keseluruhan penduduk Kabupaten Aceh Selatan yang berjumlah 261.597 jiwa pada tahun yang sama.

Pola perkampungan suku bangsa ini mengelompok padat. Setiap desa yang mereka sebut kampung ditandai oleh adanya sebuah manasah dan sebuah surau. Pada sebuah kampung biasanya berdiri pula sebuah mesjid yang menjadi tempat beribadah anggota masyarakat dari beberapa kampung. Nama manasah berasal dari bahasa Aceh meunasah, sedangkan istilah surau berasal dari bahasa Minangkabau. Manasah adalah tempat beribadah atau mengaji bagi kaum laki-laki dan surau bagi kaum perempuan dari satu kampung.

Unsur kepemimpinan tradisional dalam satu kampung merupakan kombinasi antara unsur yang berasal dari Minangkabau dan Aceh. Unsur-unsur itu terdiri atas kecik, luangku manasah, luangku surau, dan ketua pemuda, agak berbeda dengan unsur-unsur kepemimpinan pada desa (gampang) dalani budaya Aceh. Unsur-unsur kepemimpinan formal di bawah camat pada masa kini terdiri atas mukim, kecik, ketua jurong dan tuha peul yang sama dengan struktur kepemimpinan tradisional dalam budaya Aceh. Dalam sistem kekerabatan Aneuk Jamee ini juga tampak adanya kombinasi antara budaya Minang kalian dan Aceh. Gadis keturunan diperhitungkan dasarkan prinsip bilateral.

Pada masa lalu orang Aneuk Jamee mengenal tiga lapisan masyarakat, yaitu golongan datuk dan kerabatnya sebagai lapisan atas; golongan hulubalang dan ulama yang terdiri atas tuangku, imam dan kadi sebagai lapisan menengah; dan rakyat biasa sebagai lapisan bawah. Pada masa lalu golongan datuk me melihara adat endogami, dan mencari jodoh di ling kungan lapisan mereka sendiri. Gelar kebangsawanan mereka adalah kombinasi dengan gelar kebangsawanan pada budaya Aceh, yaitu teuku-daluk. Sekarang dasar pelapisan sosial itu sudah mulai tergeser. Orang yang terpandang kini adalah orang kaya, terdidik dan pemegang kekuasaan.

Bentuk-bentuk kesenian orang Aneuk Jamee juga berasal dari dua budaya yang berasimilasi tadi. Mereka biasa memainkan seudati, dabus (dabuih), ratoh yang memadukan unsur tari, musik, dan seni suara. Selain itu juga dikenal kaba, yaitu seni bercerita tentang seorang tokoh yang dibumbui dengan dongeng, misalnya cerita cindue mato, dll.

Incoming search terms:

  • Arti aneuk
  • arti aneuk dalam basa aceh
  • Arti aneuk keumeun
  • bahasa aneuk jamee
  • kosa kata bahasa aneuk jamee

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Arti aneuk
  • arti aneuk dalam basa aceh
  • Arti aneuk keumeun
  • bahasa aneuk jamee
  • kosa kata bahasa aneuk jamee