Advertisement

ANGKOR, kota di barat laut Kambodia, terletak 6 kilometer di utara kota Siemreab. Kota ini menjadi ibu kota Kerajaan Khmer antara abad ke-9 sampai a bad ke-15. Monumennya yang terkenal adalah Angkor Wat, sebuah kuil yang dibangun pada abad ke-12 oleh Raja Suryavarman; dan Angkor Thorn, sebuah kuil yang dibangun pada tahun 1200 oleh Raja Jayavarman VII.

Angkor Wat merupakan monumen berbentuk piramida scluas 2,6 kilometer persegi. Bentuk piramida ini menggambarkan rumah dewa-dewa agama Hindu, karena dibangun memang untuk menyembah dewa Wisnu. Kuil ini juga menjadi tempat makam raja yang membangunnya. Antara abad ke-15 sampai ke-19 kegiatan Angkor dipusatkan di Angkor Wat ini. Kuil tersebut dihuni pendeta-pendeta dari Theravada dan menjadi salah satu tempat ziarah terpenting di Asia Tenggara.

Advertisement

Angkor Thom, ibu kota Kambodia pada saat itu, meliputi daerah seluas 10 kilometer persegi. Kuil ini termasuk salah satu keajaiban dunia. Dinding kuil ini diukir dengan indah dan menggambarkan kehidupan Kambodia, mitologi Budha dan Hindu.

Peradaban Angkor mencapai puncaknya, dan kemudian menurun. Penurunan ini disebabkan adanya penyerbuan dari Thailand, epidemi malaria, dan perselisihan dalam kerajaan Kambodia sendiri. Pasukan Thai menguasai Angkor tahun 1431 namun segera meninggalkannya. Tahun I860, seorang Perancis bernama Henri Mouhot menemukan puing-puing Angkor Thom. Mulai saat itu, ahli arkeologi Perancis dan Kambodia memperbaiki serta membangun kembali kuil-kuil di kota itu.

Incoming search terms:

  • arti kata angkor
  • pengertian instansi angkor dalam pertolongan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti kata angkor
  • pengertian instansi angkor dalam pertolongan