Advertisement

ANGOLA terletak di pantai baral daya Afrika. Negara, yang luas wilayahnya sekitar dua kali Pulau Kalimantan, ini hanya berpenduduk lebih kurang 8,25 juta jiwa. Negara ini bcrbatasan dengan Zaire di sebelah timur laut dan utara, Kongo di sudut baral laut, Zambia di sebelah timur, dan Namibia di sebelah selatan.

Sebelum merdeka pada tahun 1975, Angola merupakan jajahan Portugis sejak abad ke-16. Di Angola kini hanya terdapat satu partai yang berkuasa, yaitu Gerakan Rakyat Pembebas Angola (MPLA) yang berhaluan sosialis marxis.

Advertisement

Pada tahun 1950-an, banyak orang Angola menghendaki kemerdekaan dari penjajahan Portugis. Mereka mengorganisasikan diri dalam MLPA, gerakan kemerdekaan radikal, pada tahun 1956. Tahun 1961, banyak anggota MLPA mengadakan pemberontalan di Luanda. Kerusuhan ini cepat tersebar ke seluruh negeri dan segera berkembang menjadi perang gerilya berdarah. Namun mereka dapat ditindas oleh angkatan perang Portugis yang sebagian besar juga orang Angola. Walaupun demikian, gerilya masih tetap berlangsung. Karena timbul perbedaan di antara para gerilyawan, banyak di antara mereka memisahkan diri dari MLPA. Di utara dibentuk Front Pembebasan Angola (FNLA) dan di selatan dibentuk Organisasi Persatuan Nasional untuk Kemerdekaan Penuh Angola (UNITA).

Pada 1974, para pemimpin militer Portugis menggulingkan pemerintahan Portugal. Pada 1975, mereka memberikan kemerdekaan kepada Angola. Tetapi kemudian terus-menerus terjadi perang saudara antara MLPA, FNLA, dan UNITA. Akhirnya, MLPA dengan bantuan Uni Soviet dan Kuba mengalahkan lawan-lawannya. Tahun 1976, mereka membentuk negara yang berdasarkan Marxisme. Perusahaan asing dinasionalisasikan. Akibatnya, Angola kekurangan tenaga ahli dan banyak industri dan tanah-tanah pertanian tidak terurus. Untuk mengatasi hal ini, pemerintah mengambil alih semua kegiatan bisnis dan mulai melatih tenaga guru dan ahli teknik dengan bantuan negara-negara komunis scperti Uni Soviet, Kuba, dll.

Incoming search terms:

  • pengertian angola
  • arti kata angola

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian angola
  • arti kata angola